Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Da'i Perlu Diberi Motivasi

Ahad 21 Aug 2016 04:00 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Angga Indrawan

Ahmad Satori Ismail, Ketua Ikatan dai Indonesia

Ahmad Satori Ismail, Ketua Ikatan dai Indonesia

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para da'i menghadapi tantangan cukup berat di tengah permasalahan lingkungan yang kompleks. Dalam melakukan kegiatan berdakwah, para da'i dituntut agar bisa diterima masyarakat.

Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI), KH Ahmad Satori Ismail mengatakan, yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu memberikan motivasi kepada para da'i. Mereka perlu diberikan semangat supaya mau menyelamatkan umat dan bangsa.

"Menyelamatkan rakyat dari kemaksiatan, hal yang kurang bermanfaat, dari aktifitas yang menghabiskan waktu. Itu perlu disadarkan sebagai motivasi," ujar Satori kepada Republika, Sabtu (20/8).

Sebab, Satori menilai, penyakit saat ini adalah hura-hura. Termasuk tenggelam dalam kemaksiatan dan hal yang tidak bermanfaat. Kemudian, da'i juga perlu diberikan motivasi agar mau menjadi pemersatu umat. Sehingga kelompok yang ada di Indonesia bisa dipersatukan.

Pasalnya, kata Satori, perpecahan merupakan tantangan nyata yang ada dimasyarakat akibat karena sentimen kelompok. Termasuk para da'i perlu didorong menjadi motivator ekonomi. Banyak umat yang mudah dibeli karena ekonominya yang tidak kuat. Hal seperti ini dinilai oleh Satori sangat membahayakan.

"Membunuh kefakiran harus diutamakan daripada kekufuran. Kita disuruh merasa cukup oleh Allah," kata Satori. Menurut Satori, yang memiliki peran penting untuk memotivasi para da'i yaitu ormas. Apalagi para ormas memiliki jangkauan sampai ke daerah. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA