Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Mahasiswa Hafiz Alquran Siap Ajarkan Warga Bangka Mengaji

Rabu 27 Jul 2016 20:16 WIB

Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Sebanyak 18 mahasiswa hafal Al Quran dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan, siap mengajar mengaji bagi warga di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Dosen pembimbing UIN Raden Fatah Palembang, Masyur di Sungailiat, Rabu (27/7) mengatakan, pihaknya siap membantu pemerintah Kabupaten Bangka melalui pendidikan mengaji Alquran bagi warga dan siswa sekolah.

"Ke-18 mahasiswa yang sudah hafal Alquran akan ditempat di delapan kecamatan, dengan harapan membantu pendidikan Alquran bagi masyarakat setempat," katanya.

Menurutnya, dari 18 orang mahasiswa itu terdapat dua orang mahasiswa yang hafal Alquran berasal dari daerah Kabupaten Bangka, sedangkan mahasiswa lainnya berasal dari Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

"Mahasiswa yang kami percayakan untuk menjalankan tugas ini berasal dari semester III dan sementer V, dengan jumlah juz yang mampu dihafal mulai dari lima juz sampai 30 juz," ujarnya.

Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Arman Agus mengatakan, kehadiran para mahasiswa itu membantu pemerintah daerah Kabupaten Bangka dalam mewujudkan peningkatkan kualitas pendidikan di bidang agama Islam melalui pendidikan mengaji.

"Meskipun waktu hanya satu bulan, kehadiran mahasiswa memberikan pelajaran pendidikan mengaji bagi masyarakat dan pelajar sekolah, bermafaat mendukung program satu hari satu juz yang ditetapkan pemerintah daerah," katanya.

Dia juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat hendaknya dapat memanfaatkan waktu yang singkat untuk belajar mengaji dan mendalami Alquran yang diajarkan oleh para mahasiswa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA