Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Menag Cek Kesiapan Penyelenggaraan Haji di Arab Saudi

Senin 27 Jun 2016 02:29 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Israr Itah

Menag Lukman Hakim Saifuddin

Menag Lukman Hakim Saifuddin

Foto: kemenag.go.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjalani kunjungan kerja ke Arab Saudi Sabtu (25/06). Kunjungan kerja tersebut untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan haji 1437 H atau 2016 M.

"Saya ingin memastikan kesiapan dan persiapan operasional haji 1437 H, termasuk mengecek kesiapan pelayanan pemondokan untuk jamaah haji di Mekkah dan Madinah," kata Lukman, dikutip dari laman Kemenang, Ahad (26/6).

 Sesampainya di sana, Lukman langsung menuju Kantor Urusan Haji untuk menggelar rapat bersama seluruh staf Teknis Urusan Haji di Jeddah. Dalam rapat tersebut, Lukman menekankan pentingnya menentukan masalah prioritas yang harus diselesaikan, sekaligus alternatif solusi jika terjadi kendala.

Ia juga menegaskan segala aspek operasional haji harus akuntabel dan aman dari segi regulasi.

"Segala aspek operasional yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji harus dipastikan berjalan aman dari segi regulasi dan akuntabel. Tentukan masalah prioritas yang segera diselesaikan sekaligus membuat alternatif solusi saat terjadi kendala," kata Lukman.

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan, dalam persoalan diplomasi dan lapangan, penyelenggaraan ibadah haji harus melibatkan Kedutaan Besar RI di Arab Saudi. Sebab, menurutnya, semakin banyak yang memikirkan dan ikut terlibat akan semakin bagus dampaknya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA