Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Labbaik, Aplikasi Informasi Haji dan Umrah dengan 5 Fitur

Selasa 24 May 2016 20:00 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetyo/ Red: Achmad Syalaby

Makkah, menjadi pusaran jamaah haji seluruh dunia.

Makkah, menjadi pusaran jamaah haji seluruh dunia.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- AMPlified Digital Media Production meluncurkan aplikasi Labbaik. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menberikan informasi mengenai tata cara pelaksanaan haji dan umrah. Director AMPlified Mala Widiyanto mengatakan, aplikasi Labbaik itu diharapkan akan memudahkan jamaah haji atau umrah.

"Aplikasi Labbaik juga dilengkapi dengan kumpulan doa dan terjemahan," kata Mala di Jakarta, Selasa (24/5). Mala mengatakan ada lima fitur yang disajikan dalam aplikasi labbaik. Pertama, kata dia, kumpulan doa umrah dan haji lengkap mulai dari niat, thawaf, sa'i, hingga doa ziarah.

"Terangkum dalam bentuk audio yang dilengkapi pula dengan teks Alquran, transliterasi, dan translasi," ujar Mala.

Kedua, kontrol kecepatan audio. Menurut dia, jamaah tak perlu khawatir tertinggal tuntutan doa dari muthawif. Mala mengkaliam aplikasi tersebut dilengkapi dengan kontrol navigasi sehingga bacaan doa dapat diatur sesuai kebutuhan."Jamaah serasa memiliki Muthawif pribadi yang dapat memandunya dengan perlahan dan fasih," katanya.

Ketiga yakni catatan doa. Mala mengatakan jamaah bisa mendoakan seluruh kerabat tanpa ada yang terlupa. Fitur tersebut, kata dia,  memungkinkan jamaah untuk menyimpan seluruh titipan doa. Keempat yakni model simpel yang disajikan oleh labbaik. Ibadah thawaf dan sa'i pun, lanjut dia, lebih mudah dan nyaman. Fitur itu, kata dia,  menampilkan keseluruan doa thawaf dan sa'i dalam satu layar.

"Diharapkan dapat memudahkan pengguna saat melafalkan doa pada saat kedua prosesi tersebut berlangsung," ujarnya. Terakhir, labbaik memiliki tampilan yang sederhana dan tidak menyulitkan jamaah saat menggunakannya. "Khususnya bagi jamaah yang telah lanjut usia," tuturnya.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA