Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Salaam Reads Cerita Anak Islami

Sabtu 27 Feb 2016 21:33 WIB

Rep: MGROL57/ Red: Agung Sasongko

Salaam Reads

Salaam Reads

Foto: The Week

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--  Editor eksekutif keturunan Pakistan asal Amerika Serikat, Zareen Jaffery ingin membuat buku dan karakter Muslim semakin familiar untuk umat Islam, terutama anak-anak Amerika Serikat. Jaffery mendirikan Salaam Reads, yang didedikasikan mempublikasi buku-buku dengan tokoh dan cerita Muslim di dalamnya.

Dilansir dari The New York Times, Kamis (25/2), pekan ini Jaffery baru mengumumkan pendirian penerbitan tersebut.

Latar belakang Jaffery mendirikan penerbitan khusus cerita anak dan remaja Muslim karena ia melihat langkanya karakter Muslim dalam literatur mainstream. Jaffery yang sejak kecil senang membaca buku menyadari masa kecilnya sebagai anak Muslim tidak terefleksikan dalam buku bacaan.

"Kita memiliki kesempatan menyediakan bacaan bernuansa Islam, dan dalam perkiraan saya, memperlihatkan pula kehidupan Muslim dengan lebih jujur," ujar Jaffery.

Wanita berusia 37 tahun tersebut telah lama merasakan kurangnya literatur anak bertema Muslim. Namun masalah itu semakin akut tiga tahun terakhir. Jaffery menyadari keponakan-keponakannya membaca buku yang tidak merefleksikan pengalaman hidup sebagai Muslim muda.

Jaffery mengharapkan dengan didirikannya Salaam Reads mampu meningkatkan keberagaman dalam literatur anak-anak. Salaam Reads yang baru didirikan tersebut akan merilis sembilan buku atau lebih dalam setahun. Buku-buku yang diterbitkan antara lain buku keterampilan anak hingga buku bacaan untuk remaja. Sejauh ini Salaam Reads akan segera menerbitkan empat buku.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA