Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

"Jangan Lupakan Pesan Parade Tauhid'

Ahad 16 Aug 2015 18:26 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agung Sasongko

Masa?Massa dari sejumlah ormas Islam menggelar parade tauhid Indonesia saat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (16/8).   (Republika/Agung Supriyanto)

Masa?Massa dari sejumlah ormas Islam menggelar parade tauhid Indonesia saat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (16/8). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua PP Pemuda. Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Parade Tauhid merupakan alat untuk mempersatukan umat Islam di seluruh tanah air. "Pesan dari Parade Tauhid ini jangan sampai umat Muslim sebagai mayoritas secara jumlah tetapi minoritas secara de facto. Ini pesan yang ingin disampaikan kepada umat Muslim di Indonesia," kata Dahnil, Ahad, (16/8).

Umat Islam sebagai kelompok mayoritas harus bersatu menentukan  arah perjalanan Islam di Indonesia. Memberi  kontribusi yang dominan untuk kepentingan bangsa. "Saya juga meminta Pemuda Muhammadiyah untuk ikut Parade Tauhid hari ini. Sebagian kawan-kawan ada yang ikut parade," ujar Dahnil.

Idealnya, terang dia, Parade Tauhid dilaksanakan secara kontinyu bukan hanya seremonial semata. Namun komunikasi yang intens antar kelompok Muslim harus terus dilakukan. "Minimal pimpinan-pimpinan umat Muslim dari berbagai kelompok melakukan komunikasi rutin lewat forum formal dan informal," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA