Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Pertama Kalinya, Pembacaan Alquran di Hagia Sophia

Jumat 17 Apr 2015 11:45 WIB

Rep: c13/ Red: Bilal Ramadhan

Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

Foto: Wikimedia

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL– Untuk pertama kalinya, pembacaan ayat Alqur’an di depan publik terdengan di  Hagia Sophia. Seorang ulama Muslim untuk pertama kalinya selama 85 tahun tampak membacakan sejumlah ayat Alquran di Hagia Sophia.

Sejumlah pengunjung yang hadir di Hagia Sophia kala itu begitu tenang dan menikmati setiap ayat yang dilantunkan seorang ulama. Ketika itu sekitar Jumat lalu,  sejumlah ayat Alqur’an memang sedang dibacakan di sebuah upacara yang diadakan di Hagia Sophia.

Pembacaan ayat Alquran di Hagia Sophia saat itu merupakan tanda pembukaan pameran baru yang bertemakan "Cinta Nabi." Pembacaan ayat suci itu sendiri dibaca oleh imam di Masjid Akseki Hamdi Ahmet di Ankara, Ali Tel.

Hagia Sophia merupakan bangunan bersejarah dan paling spektakuler di Istanbul. Dahulu, Masjid ini merupakan sebuah gereja selama lebih dari 1.000 tahun. Kemudian gereja itu berubah fungsi menjadi Masjid selama lebih dari 500 tahun.

Perubahan fungsi ini berubah setelah Konstantinopel diambil alih kekuasaannya oleh Sultan Mehmet II pada 1453. Pada abad ke-20, Hagia Sophia juga mengalami perubahan kembali. Bangunan ini diubah fungsinya menjadi museum yang kemudian dapat diakses oleh semua pendiri Turki sekuler modern.

Upacara pameran di Hagia Sophia ini dihadiri oleh para pejabat Turki. Dalam hal ini termasuk kepala agama Diyanet badan urusan negara, Mehmet Gormez. Pameran dalam Hagia Sophia merupakan sebuah acara yang menyajikan tulisan kaligrafi. Tulisan-tulisan indah itu menjadi bukti pengabdian umat kepada Nabi Muhammad SAW. Acara ini akan tersu berlangsung hingga 8 Mei 2015.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA