Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Ini Alasan Indonesia Lebih Disegani Ketimbang Timur Tengah

Selasa 27 Jan 2015 14:33 WIB

Rep: Dyah Meta Ratna Novia/ Red: Agung Sasongko

Ribuan Jamaat memadati Masjid Agung At-Tin untuk mengikuti Dzikir Nasional yang diadakan oleh REPUBLIKA, Rabu (31/12).

Ribuan Jamaat memadati Masjid Agung At-Tin untuk mengikuti Dzikir Nasional yang diadakan oleh REPUBLIKA, Rabu (31/12).

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar mengatakan,  Indonesia merupakan negara umat Islam yang disegani kearifannya oleh negara-negara lain. Bahkan Indonesia lebih disegani dari pada negara-negara Timur Tengah maupun Malaysia.

"Indonesa disegani karena jauh dari konflik Israel-Palestina. Selain itu  umat Islam kita terbesar di dunia namun bersifat moderat, bisa merangkul kelompok lain seperti syiah maupun wahabi," kata Rektor PTIQ ini, Selasa, (27/1).

Indonesia juga negara Muslim yang menjadi anggota G-20 selain Saudi Arabia dan Turki. "Bahkan saat saya kemarin di Afrika, negara-negara Afrika seperti Nigeria dan Liberia memuji Indonesia  setara dengan Cina dan Jepang sebab Indonesia bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen di tengah krisis global," ujarnya.

Negara-negara Timur Tengah, terang Nasaruddin, juga kagum dengan kemampuan Indonesia dalam meredam konflik. Mereka menilai Indonesia negaranya sangat luas dan memiliki etnis yang bermacam-macam tapi bisa  tetap hidup rukun.

"Makanya mereka menilai Indonesia itu ajaib. Banyak  tamu-tamu Wapres Jusuf Kalla dari negara-negara lain yang ingin belajar dari Indonesia bagaimana mengatasi konflik di  tengah krisis, "katanya.

Negara-negara Teluk, ujar Nasaruddin, banyak yang susah melewati konflik maupun krisis hingga berakhir perang saudara. Makanya mereka heran dengan konsep  yang diterapkan di Indonesia sehingga mampu tetap bersatu melewati prahara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA