Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Peta Distribusi Pembagian Hewan Kurban Belum Ada

Senin 22 Sep 2014 15:27 WIB

Rep: c78/ Red: Agung Sasongko

Daging kurban di Masjid At-Taqwa, Vireta II, Tangerang, siap didistribusikan kepada yang berhak menerima.

Daging kurban di Masjid At-Taqwa, Vireta II, Tangerang, siap didistribusikan kepada yang berhak menerima.

Foto: ROL/Chairul Akhmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahunnya pelaksanaan pemotongan hewan kurban terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Namun, tidak semua umat Islam memiliki kemampuan ekonomi yang sama.

Ini mengakibatkan perbedaan dalam stok daging kurban baik untuk jenis kambing, sapi atau unta. Bahkan mungkin saja, ada daerah yang tidak bisa memotong hewan kurban.

“Itu merupakan sisi kelemahan kita, karena yang melaksanakan kurban itu kan masyarakat, sementara kemampuan ekonomi masyarakat berbeda-beda,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Mukhtar Ali saat dihubungi ROL, Senin (22/9).

Meski melihat adanya ketidakmerataan, diakuinya sampai saat ini Kemenag belum memiliki peta umat ataupun peta wilayah yang dapat menjadi acuan prioritas kawasan penerima daging atau hewan qurban. Peta umat menjadi penting, agar menjaga distribusi daging di hari raya Idul Adha merata.

“Tapi dari geografis, kita punya data penduduk di daerah perbatasan, terluar dan terdepan, mungkin untuk sementara itu bisa jadi acuan jika diperlukan,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA