Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Agar Mengaji Menjadi Gaya Hidup

Senin 05 May 2014 14:28 WIB

Rep: c78/ Red: Damanhuri Zuhri

Membaca Alquran (ilustrasi)

Membaca Alquran (ilustrasi)

Foto: SAL.AM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak kurang 35 ribu massa memadati Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (4/5). Mereka berbondong-bondong datang untuk menghadiri silaturahim akbar komunitas pembaca Alquran, One Day One Juz (ODOJ).

Silaturahim tersebut dikemas dalam acara grand launching dengan melibatkan sejumlah tokoh yang menjadi anggota komunitas ini.

Di antara tokoh-tokoh tersebut, adalah Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho, Pimpinan Pondok Pesantren Attawabin Anton Medan, motivator sukses Mulia Jamil Azzaini dan Ustaz Salim A Fillah.

Hadir pula sejumlah selebritas, seperti Teuku Wisnu, Dude Herlino, Baim Wong, Dimas Seto, Tomi Kurniawan, Alyssa Soebandono, Oki Setiana Dewi, dan lainnya.
 
“Konten utama dari acara ini adalah pemecahan tilawah Rekor MURI pada kategori membaca Alquran serentak terbanyak, 35 ribu jamaah lebih akan membaca Alquran bersama-sama,” kata Ketua Pelaksana Grand Launching ODOJ Haidir kepada Republika.
 
Selain pemecahan rekor, acara ini juga menjadi ajang silaturahim bagi Odojer, sebutan bagi anggota komunitas ODOJ se-Indonesia serta deklarasi Cinta Alquran.

Menurut Haidir, membaca Alquran harus disertai dengan rasa cinta terhadap kitab suci tersebut sehingga akan tumbuh rutinitas yang ringan untuk membaca Alquran. “Mengaji pun akan menjadi bagian dari gaya hidup Muslim,” ujarnya.
 
Haidir menjelaskan ODOJ merupakan komunitas yang diinisiasi alumni Rumah Quran di Depok, Jawa Barat. Para perintis komunitas ini memanfaatkan layanan pesan Whatsapp (WA) dan Blackberry Messenger (BBM) sebagai media pelaporan tilawah harian.

Jadi, para anggotanya akan digabungkan dalam sebuah grup beranggotakan 30 orang, yakni mereka mendapatkan nomor juz Alquran yang berbeda. Anggota yang sudah menyelesaikan tilwahnya hari itu kemudian melapor kepada grup untuk dibuatkan rilis tilawah.
 
Sejak menggelar soft launching 11 November 2013, jumlah anggota komunitas ODOJ semakin meraksasa. Per Jumat (2/5), jumlah anggota komunitas ODOJ sudah mencapai 95.360 orang dari seluruh Indonesia.

Tak hanya dari dalam negeri, peserta juga datang dari Australia, Hong Kong, Qatar, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Malaysia, Turki, dan Singapura. “Jumlahnya akan semakin banyak seiring grand launching ini.”
 
Salah satu selebritas yang juga menjadi anggota ODOJ, Alyssa Soebandono, mengaku senang bisa terlibat dalam acara peluncuran tersebut.

Menurutnya, membaca Alquran harus menjadi gaya hidup bagi orang yang mengaku menganut Islam. “Dengan adanya komunitas ini, kita jadi saling mengingatkan untuk selalu membaca Alquran,” katanya.
 
Hal senada diungkapkan peserta lainnya, Miftachul Jannah. Muslimah berusia 24 tahun ini mengaku mendapat informasi mengenai peluncuran ODOJ melalui jejaring sosial Facebook.

Ia pun tertarik dan ingin bergabung. Miftachul juga mengajak teman-teman lainnya agar aksi saling mengingatkan dalam membaca Alquran ini semakin meluas dan membudaya.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA