Senin, 21 Syawwal 1440 / 24 Juni 2019

Senin, 21 Syawwal 1440 / 24 Juni 2019

Sambut Tahun Baru dengan Khataman Alquran

Kamis 15 Nov 2012 21:15 WIB

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Chairul Akhmad

Khataman Alquran (ilustrasi).

Khataman Alquran (ilustrasi).

Foto: Republika/Aditya

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR – Ratusan jamaah masjid Al-Ikhlas Denpasar, merayakan datangnya tahun baru 1434 H dengan menyelenggarakan hataman Alquran.

Kegiatan berlangsung Kamis (15/11) sejak usai shalat Subuh hingga Maghrib. Kegiatan khataman Alquran di masjid itu sudah berlangsung sejak belasan tahun yang lalu.

“Kegiatan hataman sekaligus ditujukan untuk melatih hafalan Alquran sejumlah hafiz yang ada di Kota Denpasar, khususnya para satri hafiz Quran baik yang diundang maupun yang kebetulan tinggal di sekitar masjid,” jelas kata Ketua Ta'mir Masjid Al-Ikhlas, H Nur Zaenuddin.

Selain khataman Alquran, di masjid yang sama juga dilakukan kegiatan shalat Taubat pada Kamis dinihari.

Sementara itu, keluarga besar Muhammadiyah Kota Denpasar juga mengadakan kegiatan jalan sehat untuk menyambut kedatangan tahun baru 1434 H. Kegiatan diikuti sekitar 10.000 peserta, yang terdiri dari para siswa perguruan Muhammadiyah di Denpasar, para guru dan wali murid.

Pada kegiatan jalan santai, diramaikan oleh marching band siswa-siswi SD Muhamadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 3 Denpasar.

Kepala SD Muhamadiyah 3 Denpasar, Mastulin mengatakan, kegiatan menyambut datangnya tahun baru hijriyah, dimaksudkan agar umat Islam bisa menghargai tahun barunya sendiri dan bisa dijadikan ajang mengevaluasi kerja, serta apa yang akan dilakukan dimasa-masa mendatang.

"Kita juga menginginkan para siswa Muhammadiyah bisa lebih akrab dengan kalender hijriyah," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA