Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Para Da’i Tengger Perkuat Dakwah di Tengah Masyarakat Hindu

Rabu 03 Aug 2011 12:08 WIB

Red: Johar Arif

BROMO - Membina warga Muslim di tengah-tengah masyarakat yang masih kental dengan budaya Hindu tidaklah mudah. Demikian pengakuan para takmir masjid di wilayah Suku Tengger, Gunung Bromo, Jawa Timur, saat mengikuti Workshop Dakwah di hotel Sukapura Permai, di Kec Sukapura, Kab Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (17/7) lalu. Terlebih lagi, akses para takmir kepada ilmu-ilmu Islam yang terkait berbagai permasalahan sehari-hari yang dihadapi warga sulit didapat.

Para takmir masjid dan da’i di wilayah Suku Tenger tersebut tampak sangat antusias mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) tersebut. Semangat mereka pun bangkit kembali untuk bersama-sama terus membina warga muslim minoritas di daerah mereka.

Ketua Gerakan Peduli Mu'allaf dan Dhu'afa (GPMD), Ustadz Malikhan, mengatakan dakwah yang dilakukan oleh para da’i di wilayah Tengger pelan tapi pasti mencapai keberhasilan. ”Sejak 2007 sudah sekitar 700 warga Hindu masuk Islam, ” tuturnya.

“Di masjid inilah biasanya para dai dari berbagai organisasi Islam berkumpul dan berkoordinasi,” ujar Ustadz Malikhan seraya menunjukkan Masjid At Takwa, Desa dan Kec Senduro, Kab Lumajang yang merupakan markas dari GPMD.

Ustadz Abu Inas, da’i asal Tulungagung, Jawa Timur, yang menjadi pemateri dalam acara workshop, menawarkan pengajian rutin sebagai bentuk pembinaan yang berkelanjutan pasca-workshop tersebut. Tawaran itu disambut serempak oleh peserta, ”Siaaaap!”

Workshop Dakwah untuk Takmir Masjid dan Dai merupakan realisasi dari program Al-Qur'an Road Trip Bromo yang diselenggarakan oleh Badan Wakaf Al Qur’an (BWA). Di akhir acara, BWA menyerahkan sekitar 1.250 mushaf Al-Qur'an wakaf kepada para takmir tersebut untuk didistribusikan kepada jamaahnya.

Kegiatan Al Qur’an Road Trip ini diselenggarakan secara berkala setiap tiga bulan. Pada Oktober 2011, Al Qur’an Road Trip akan mengunjungi daerah pelosok kepulauan Nias dan Mentawai. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dengan Wakaf Al-Qur’an bisa mengunjungi www.wakafquran.org.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES