Senin, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Senin, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Islam di Macedonia, di Tengah Gempuran Asimilasi Budaya (4-habis)

Rabu 18 Jul 2012 15:45 WIB

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad

Muslim Macedonia saat melaksanakan shalat tarawih di bulan Ramadhan.

Muslim Macedonia saat melaksanakan shalat tarawih di bulan Ramadhan.

Foto: muslimblog.co.in

Ramadhan di layar TV

Pada Ramadhan tahun 2009, untuk kali pertama Muslim Macedonia melewati bulan puasa selama sebulan penuh dengan berbagai suguhan acara televisi dan program radio yang berisi tentang agama dan keyakinan mereka.

Acara dan program mengenai keislaman tersebut, sebagaimana dilansir situs Islamonline, ditayangkan dan mengudara setiap hari sepanjang bulan Ramadhan.

Program-program keislaman yang ditayangkan tersebut, menurut Ketua Forum Pemuda Islam (FRI), Rufat Sherifi, diharapkan dapat memberi solusi bagi permasalahan hidup sehari-hari yang dialami para Muslim Macedonia.

Keseluruhan program tersebut diproduksi secara bersama oleh FRI dengan sebuah perusahaan produksi media Muslim, M7. Acara berdurasi 40 menit itu mendatangkan sejumlah cendekiawan Muslim terkemuka dari Macedonia dan negara-negara di sekitarnya, seperti Kosovo dan Albania.

“Semua saluran itu dengan tangan terbuka bersedia bekerja sama dengan FRI dan menayangkan program ini secara gratis,” ujar Sherifi. FRI juga berencana untuk menayangkan program tersebut di saluran satelit dalam bahasa Albania.

“Ini akan membantu masyarakat yang berbicara dalam bahasa Albania di wilayah Balkan dan negara-negara Barat untuk mengambil manfaat dari acara tersebut,” sambungnya.

Selain acara televisi, Muslim Macedonia juga menyiapkan serangkaian acara radio untuk mengudara selama bulan Ramadhan tahun lalu. FRI telah menerjemahkan ke dalam bahasa Albania acara yang dibawakan oleh ulama Mesir terkenal, Amr Khaled, berjudul Dengan Nama-Mu Kami Hidup, sebuah program yang mengupas nama dan sifat-sifat Allah.

Acara itu akan mengudara di sembilan stasiun radio lokal, dan juga disiarkan melalui stasiun radio internet berbahasa Albania di Albania, Macedonia, dan negara-negara Eropa dengan komunitas-komunitas Albania.

FRI juga telah mencapai kesepakatan dengan harian Koha untuk mempublikasikan serangkaian artikel dan opini selama bulan Ramadhan. Dengan mengambil tema Ramadhan Bulan Keluarga, FRI juga menggelar serangkaian acara buka puasa bersama di lima kota utama Macedonia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES