Senin, 10 Rabiul Akhir 1440 / 17 Desember 2018

Senin, 10 Rabiul Akhir 1440 / 17 Desember 2018

Buraaq, Superhero Muslim Si Pembawa Pesan Perdamaian

Jumat 01 Jul 2011 14:46 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi

Buraaq

Buraaq

Foto: magcloud.com

SAN JOSE - Beragam cara dapat ditempuh guna memperkenalkan Islam. Salah satunya melalui pembuatan komik.

Pada awal tahun lalu, dua komikus Muslim AS meluncurkan serial komik superhero Muslim. Komik itu sengaja dibuat guna melawan prasangka dan propaganda negatif terhadap Islam. Di samping itu, kehadiran komik diharapkan menghindarkan rasa takut dan ketidakpercayaan masyarakat AS terhadap Islam dan Muslim.

Amil Imtiaz, si pembuat komik tersebut, mengatakan bahwa dirinya terinpirasi konsep pahlawan super dan medium komik guna menyampaikan pesan damai tentang Islam kepada masyarakat AS. Menurut dia, komik merupakan wadah yang cukup tepat guna menghindari kesan kaku dan dapat menjangkau semua kalangan.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat sentimen yang berkembang terhadap Muslim dan Islam. Hal ini terutama disebabkan oleh propaganda di media dan di tempat lain," papar Amil seperti dilansir dari PRWEB.

Superhero Muslim

Amil mengatakan situasi macam itu merupakan momen yang tepat untuk memperkenalkan superhero Muslim. Pahlawan yang akan membawa pesan yang dibalut dengan unsur misteri dan aksi petualangan.

"Buraaq," singkat Adil menyebut nama tokoh superhero yang diciptakannya.

Adil menjelaskan Buraaq digambarkan sebagai seorang Muslim, orang biasa yang berubah menjadi superhero. Perubahan itu terjadi lantaran dia mengalami peristiwa traumatis di masa mudanya.

Misi Buraaq tidak sebatas berkhotbah. Tapi, dia juga memberikan hiburan kepada keluarga.

"Sebagai seorang Amerika, saya tidak bisa melihat prinsip-prinsip yang dibangun bangsa kita selanjutnya diserang. Semua pihak yang berada dalam sisi kebenaran, keadilan dan perdamaian itu harus datang bersama-sama tanpa memandang ras, warna kulit atau kepercayaan, "ungkap Amil.

Edisi perdana Buraaq dirilis online pada Januari 2011 dengan alamat www.splitmoonarts.com. Untuk edisi kedua, Buraaq telah dirilis pada 21 Juni lalu. Sementara, edisi ketiga masih dalam tahap penyelesaian dan diperkirakan selesai September 2011.

Plot yang dipaparkan dalam Buraaq bercerita seputar pertempuran berabad-abad lamanya antara pencari kebenaran dan kekuatan jahat yang selalu diselimuti kerahasiaan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES