Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Madrasah Karatay Miliki Desain Penyusunan Ubin Terbaik

Rabu 20 Mar 2019 14:28 WIB

Red: Agung Sasongko

Penyusunan ubin di Madrasah Karatay dilakukan dengan sangat rapi.

Penyusunan ubin di Madrasah Karatay dilakukan dengan sangat rapi.

Foto: Muslimheritage.com
Pemerintah Turki untuk mengubah Karatay menjadi museum nasional penyusunan ubin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sebelah selatan madrasah terdapat portal utama. Portal ini terdiri atas bola batu berwarna putih dan abu-abu yang disusun dalam pola geometris berbentuk empat persegi panjang dan garis berpotongan yang sangat mirip skrip Kufi.

Skema yang sama juga diterapkan pada hiasan lengkungan pintu. Para seniman yang menghias madrasah itu, diyakini telah membuat atau setidaknya mempelajari portal yang terdapat pada Masjid Al Din, yang dibangun antara 1156 hingga 1220 di daerah dekat Konya.

Baca Juga

Menurut E Herzfeld dalam Damascus: Studies in Architecture, bangunan portal ini juga memiliki kaitan dengan Aleppo, Suriah. Paling tidak, kata dia, marmer yang digunakan untuk melapisi portal itu berasal dari wilayah tersebut.

Terbukti, pelapisan portal dengan marmer juga digunakan pada bangunan Masjid Jami Al Firdaus di Aleppo. Pada bangunan portal juga disematkan simbol dalam bentuk gambar timbul, yakni dalam bentuk hewan berupa naga, singa, dan elang berkepala dua.

Selain kegemilangan Dimiski, sang arsitek memanfaatkan lahan yang tak begitu luas menjadi bangunan yang sangat fungsional. Desain dan dekorasi Madrasah Karatay menjadi penanda kegemilangan arsitektur pada masa tersebut yang telah dikembangkan selama 300 tahun.

Penyusunan ubin di Madrasah Karatay juga dianggap sebagai sesuatu yang sangat bagus. Penyusunan ubin di madrasah itu dilakukan dengan sangat rapi. Tak hanya lantai madrasah yang tertutup ubin, tapi bagian dinding juga berhiaskan ubin indah. Umumnya, berwarna biru tua.

Puncak keindahan dari hiasan permukaan tersebut ditemukan dalam kubah besar yang menjadi atap ruang utama. Kubah tersebut dihiasi dengan mosaik raksasa yang terbuat dari ubin berkilauan dengan warna biru, hitam, dan putih.

Bahkan, sejumlah kalangan menyatakan, Madrasah Karatay merupakan museum yang nyata dalam segi penyusunan ubin di masa Seljuk. Di kemudian hari, kenyataan ini mendorong Pemerintah Turki untuk mengubah madrasah ini menjadi museum nasional penyusunan ubin pada 1956.

Sumber : Mozaik Republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA