Tuesday, 11 Rabiul Akhir 1440 / 18 December 2018

Tuesday, 11 Rabiul Akhir 1440 / 18 December 2018

Pidato Tegas Khalifah Umar bin Khattab

Rabu 14 Nov 2018 06:06 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Umar bin Khattab di Madinah

Masjid Umar bin Khattab di Madinah

Foto: istimewa
Sebagai seorang khalifah, ia dikenal tegas.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kepemimpinan Umar bin Khattab menorehkan tinta emas dalam sejarah peradaban Islam. Rasulullah SAW memberikan gelar al-Faruq kepadanya yang bermakna sosok yang mampu memilah dan memilih kebenaran di atas kebatilan.

Sebagai seorang khalifah, ia dikenal tegas. Sikapnya keras terhadap orang zalim, tetapi lemah-lembut terhadap orang-orang yang teraniaya dan menderita. Khalifah penakluk Dinasti Sassanid Persia ini hidup sederhana.

Baginya, doa rakyatnya sendiri yang merasa terzalimi lebih menakutkan ketimbang rongrongan imperium Romawi-Persia sekalipun. Inilah jiwa pembela keadilan yang selalu tertanam dalam diri Khalifah Umar.

Selaku pucuk pimpinan, Umar bin Khattab menghendaki agar keadilan tegak dan terasa merata di seluruh jajarannya. Saat itu, wilayah kekuasaan kaum Muslim meluas ke barat dan timur. Itu mencakup Afrika Utara hingga sebagian Persia.

Untuk mengurus administrasi, di setiap daerah ada gubernur yang tugasnya melayani kepentingan publik seadil-adilnya serta taat pada perintah Khalifah Umar di Madinah.

Tak heran jika sejarah mencatat Umar sebagai khalifah yang banyak menorehkan prestasi.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES