Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Thursday, 9 Safar 1440 / 18 October 2018

Nasihat Imam Husain ke Sang Ayah: Kematian Tujuan Kita

Jumat 12 Oct 2018 09:46 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Beberapa bocah tampak khusyuk mengaji di sebuah masjid (ilustrasi).

Beberapa bocah tampak khusyuk mengaji di sebuah masjid (ilustrasi).

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sebagai ayah, Ali bin Abi Thalib tak segan menerima nasihat anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Keluarga Rasulullah SAW adalah sebaik-baik teladan. Banyak kisah inspiratif yang bisa dijadikan sebagai acuan, di antaranya bagaimana menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dan para buah hatinya.

Kali ini, keteladanan itu dicontohkan dengan sangat baik oleh Ali bin Abi Thalib RA dan putra kesayangannya, Husain.  

Kisah tersebut sebagaimana termaktub dalam karya Imam Abu Hamid al-Ghazali yang berjudul Maqamat al-‘Ulama. Kisah ini juga mengisyaratkan pentingnya pendidikan langsung oleh orang tua kepada anaknya. 

Suatu waktu, saat menjabat sebagai khalifah, Ali bin Abi Thalib pernah meminta putranya, Husein, yang ketika itu masih belia, agar berpidato dan menyampaikan nasihat sebelum ajal menjemput. “Berpidatolah agar aku mendengar nasihatmu sebelum kematianku,” kata Ali. 

Mendengar permintaan itu, Husein bergegas berdiri dan berceramah, “Segala puji bagi Allah yang barang siapa berbicara akan didengar perkataannya, dan barang siapa diam, akan terungkap apa yang ada dalam jiwanya, barang siapa yang hidup berhak atas rezekinya, dan barang siapa meninggal akan menuju tempat kembali. Amma ba’du. Sesungguhnya kematian adalah tujuan kita, hari kiamat adalah waktu perjanjian kita, dan hanya Allahlah Pengatur kita. Dan sesungguhnya Ali adalah pintu yang siapa pun memasukinya akan beriman dan barang siapa keluar darinya akan menuju kekufuran.” 

Sang ayah kemudian berdiri menghampiri Husain dan merangkulnya, mencium kening dan membisikkan kalimat, ”Demi ayahku dan ibuku wahai anakku, keturunan adalah sebagian dari sebagian yang lain (ucapan doa). Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

 

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA