Rabu, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 Desember 2018

Rabu, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 Desember 2018

Sabun, dari Manakah Berasal?

Kamis 04 Okt 2018 16:45 WIB

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko

Pabrik sabun kuno (ilustrasi).

Pabrik sabun kuno (ilustrasi).

Foto: whatissoap.com
Asal-usul kata ini, memang tidak bisa dipastikan secara tepat dari mana berasal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara kata yang sering dipakai sehari-hari oleh masyarakat sepanjang sejarah peradaban adalah kata sabun, terutama di masyarakat Arab dan tentu, bangsa Melayu pada umumnya. Asal-usul kata ini, memang tidak bisa dipastikan secara tepat dari mana berasal.

Dalam Mu'jam al-Wasith dijelaskan bahwa, kata sabun (Arab:shabun) yang digunakan untuk mandi atau mencuci pakaian merupakan kata asing dan bukan asli Arab. Meskipun, dia masih mencoba menarik kata ini seakan-akan berasal dari bahasa Arab.

Sejumlah cendekiawan juga memastikan kata sabun bukan berasal dari Arab. Di antaranya al-Juwaliqi, Ibnu Mandhur, dan Ibnu Duraid. Akan tetapi, al-Azhari meng atakan, kata sabun adalah kata serapan yang sudah dianggap sebagai bagian dari bahasa Arab.

Penggunaan kata sabun juga sudah kuat semasa Ibnu Qutaibah yang dalam kitabnya al-Ma'arifbahkan menegaskan sosok pertama kali mengunakan sabun adalah Nabi Sulaiman, putra Nabi Dawud AS. Kata sabun ini juga konon digunakan pula oleh bangsa lain seperti bangsa Persia dan Turki.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA