Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Pesona Masjid Niujie Cina

Ahad 13 Mei 2018 17:41 WIB

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Agung Sasongko

Masjid Niujie

Masjid Niujie

Foto: China.org.cn
Niu Jie merupakan masjid terbesar di Beijing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Niu Jie yang terletak di Kota Beijing, Cina, selalu menjadi lokasi wisata favorit bagi wisatawan asal Indonesia. Popularitasnya tak kalah dengan Great Wall atau Tembok Cina.

Tokoh Muslim setempat, Liu Shoupeng, mengungkapkan, banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke masjid tersebut. Mereka menyempatkan diri melaksanakan shalat beberapa rakaat.

photo

Warga melintas di halaman Masjid Niujie, di Beijing, Cina, Rabu (3/5).

Turis asal Indonesia juga memiliki keingintahuan yang tinggi mengenai perkembangan Muslim di Cina.Liu pun dengan antusias menjelaskannya kepada wisatawan.

Menurut Liu, hubungan baik selalu terjaga antara komunitas Muslim dan keseluruhan masyarakat di Cina. Ketika era keterbukaan informasi dibuka pemerintah setempat, beberapa jurnalis kerap mencari informasi perkembangan sejarah mulainya Muslim di Cina melalui Masjid Niu Jie.

Ketertarikan wisatawan Indonesia dan beberapa negara Muslim terhadap Masjid Niu Jie tumbuh seiring dengan banyaknya tokoh besar Muslim dunia yang selalu menyempatkan shalat di masjid tersebut saat berkunjung ke Cina. Beberapa waktu lalu Presiden Indonesia Joko Widodo pun pernah singgah untuk shalat di Masjid Niu Jie.

Presiden Joko Widodo tak mau ketinggalan eksis di media sosial. Kali ini ia mengunggah foto-foto kunjungannya ke Masjid Niujie di Beijing, Cina, ke akun Instagrampribadinya.

Mengagumi keindahan Masjid Niujie.Ini merupakan simbol kehadiran Islam sebagai agama yang ramah, toleran, dan damai, tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya, Ahad (14/5).

Jokowi juga menyertakan harapan dalam keterangan foto yang diunggahnya, yakni agar Muslim Indonesia dan Cina semakin maju. Jokowi merupakan presiden Indonesia kedua yang mengunjungi Masjid Niu jie.Sebelumnya, mantan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur juga sempat mengunjungi masjid tertua di Cina tersebut.

photo

Sejumlah umat Islam Cina saling bercengkrama di halaman Masjid Niujie di Beijing, Cina, Rabu (3/5).

Di sela-sela kunjungannya ke Cina untuk menghadiri forum ekonomi internasional One Belt One Road (OBOR), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan menyam bangi Masjid Niujie yang berada di Beijing.Masjid Niujie merupakan masjid tertua dan terluas di Cina.

Dilaporkan laman Asian Correspondent, ketika mengunjungi masjid tersebut, Jokowi bertemu dengan Ketua Asosiasi Islam Cina dan Imam Masjid Niujie. Kepada keduanya Jokowi menyampaikan tentang persahabatan antara Indonesia dan Cina yang telah terjalin sejak abad ke-15, yakni ketika Muslim Cina datang dan berdagang di Lasem dan Palembang.

photo

Anak-anak bermain di pelataran Masjid Niujie Beijing, Cina usai buka bersama, Jumat (2/6).

Menurut siaran pers dari kantor Kabinet Indonesia yang dikutip Asian Correspondent, Jokowi juga mengungkapkan kekagumannya ketika mengetahui ada sekitar 23 juta Muslim di Cina. Jokowi pun mengaku senang melihat umat Islam di sana didukung dan disediakan ruang serta sarana beribadah oleh Pemerintah Cina.

Niu Jie merupakan masjid terbesar di Beijing yang menjadi titik awal masuknya Islam di daratan Cina.Di Cina ada 72 masjid serupa, menurut Liu. Masyarakat Muslim berkomunikasi dengan baik dengan satu sama lainnya dengan jumlah total Muslim khusus di Beijing sekitar 50 ribu orang.

photo

Presiden Joko Widodo mengunjungi Masjid Niujie di Beijing, China, Ahad (14/5).

Pemerintah Cina juga bersahabat dengan Muslim setempat. Masjid Niu Jie dibangun pada 996 pada masa Dinasti Liao (916-1125) dan merupakan masjid tertua dan terbesar di Beijing.

Pada 1215, masjid itu pernah dihancurkan tentara Mongol, kemudian dibangun kembali pada 1443 periode Dinasti Ming dan secara signifikan diperluas pada 1696 pada zaman Dinasti Qing.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES