Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Shaki Khan Palace Bukti Kejayaan Islam di Azerbaijan

Rabu 14 Maret 2018 11:29 WIB

Red: Agung Sasongko

Istana Musim Panas, Shaki.

Istana Musim Panas, Shaki.

Foto: azernews.com
Sakhi pusat perekonomian penting di antara kota-kota di sepanjang Jalur Sutra.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bangunan bertingkat bertaburan dekorasi lukisan itu tak bisa luput dari perhatian di Shaki. Shaki adalah sebuah kota bersejarah di selatan kaki pegunungan Kaukasus.

Kota yang menyimpan berbagai situs bangunan peradaban Islam di persimpangan Eropa Timur dan Asia Barat.  Kota Shaki berjarak 295 kilometer dari ibu kota Azerbaijan, Baku.

Pada era Dinasti Shaki Khanate (1743-1819 Masehi), kota ini memiliki peran penting, selain sebagai ibu kota, Sakhi juga pusat perekonomian penting di antara kota-kota di sepanjang Jalur Sutra.

Kota ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang menghubungkan Barat ke Timur, sebelum akhirnya diinvasi dan diambil alih oleh tentara merah Uni Soviet.

Salah satu bangunan peninggalan warisan dunia UNESCO di Shaki adalah Istana Shaki Khan. Bangunan Istana ini merupakan peninggalan era Shaki Khanate, yang kini wilayah kekuasaannya berada di sepanjang negara modern Azerbaijan.

Istana Shaki Khan menjadi saksi perkembangan dan kejayaan kota ini. Bangunan istana ini dibangun pada 1797 oleh Muhammad Hasan Khan, penguasa kelima Dinasti Shaki Khan.

Sumber : Islam Digest Republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 Juni 2018, 03:21 WIB