Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Siapa Sebenarnya Nabi Khidir?

Selasa 26 Dec 2017 22:45 WIB

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Agung Sasongko

Dalam Alquran Nabi Musa dan Nabi Khidir bertemu di sebuah lokasi (Ilustrasi)

Dalam Alquran Nabi Musa dan Nabi Khidir bertemu di sebuah lokasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sejarah manusia memiliki segudang kisah yang tak akan pernah habis untuk diceritakan. Salah satu kisah masyhur yang terdapat di dalam Alqur an adalah kisah seorang nabi di luar 25 nabi dan rasul yang diketahui secara umum oleh umat Islam.

Tak banyak yang tahu pasti mengenai siapa sebenarnya nabi yang dikisahkan di dalam Alquran itu sebagai guru Nabi Musa AS. Kitab az-Zahrun Nadhir fi Naba'il Khadirkarya Ibnu Hajar al-Asqalani dilatarbe lakangi oleh seringnya orang-orang saat itu yang mengatakan bahwa Nabi Khidir masih hidup dan diberi umur panjang.

Pada kisah yang tersebar di kalangan masyarakat, diceritakan bahwa Nabi Khidir mendatangi, berbicara, dan mengajar beberapa orang saat itu. Oleh karena itu, Ibnu Hajar al-Asqalani melalui karyanya ingin menjelaskan secara benar terkait persoalan yang sesungguhnya.

Kitab ini mengupas siapa sebenarnya nabi misterius yang kemudian dikenal dengan nama Khidir ini. Alquran hanya menyampaikan kisah perjalanan nya yang nyeleneh tetapi syarat dengan hikmah ketika bersama Nabi Musa. Alquran juga tak pernah secara jelas menyebutkan siapa nama sebe narnya, apalagi asal-usul keluarganya.

Na bi Khidir hanya disebutkan oleh Allah sebagai, Seorang hamba di antara hamba-hamba Kami yang telah di berikan rahmat dari sisi Kami dan te lah Kami ajarkan ilmu dari sisi Kami. (QS al-Kahfi).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA