Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Masjid Nurul Iman Terinspirasi Tiga Masjid Suci

Jumat 25 Nov 2016 16:30 WIB

Rep: mgrol86/ Red: Agung Sasongko

Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan.

Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan.

Foto: MGROL86

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Masjid Nurul Iman terletak di lantai tujuh Blok M Square, Jakarta Selatan. Masjid ini sangat lekat dengan nuansa Timur tengah dan adalah satu-satunya masjid terbesar diatas Mall di Indonesia.

Masjid Nurul Iman memiliki luas lahan 5000 meter  dan mampu menampung 10.000 orang. Melalui tangan Arsitek Muhammad Luthfi Ramdhani, masjid ini didesain mengadaptasi masjid Timur tengah karena merujuk pada niatan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman untuk menjadikan masjid pusat pembelajaran sunnah.

Masjid yang saat ini masih dalam proses perluasan memiliki gaya arsitektur yang menarik, pasalnya gaya arsitektur ini mengadaptasi literatur dari masjid-masjid Timur tengah yakni, Madinah, Makkah, dan Turki.  

Bangunan ini berbentuk kubus persegi serta terdapat beberapa kubah berwarna emas. Pada beberapa sudut dinding bangunan ini terdapat ornamen dengan desain berlubang berpola lingkaran dan bintang yang terlihat manis dan elegan. Selain sebagai unsur keindahan, ornamen ini berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara masjid

Di bagian depan halaman masjid terdapat miniatur Ka’bah dan taman kecil, ini diadaptasi dari Makkah. Miniatur masjid ini bisa menampung 300 orang. lantainya terbuat dari keramik, di sekitar miniatur Ka’bah ini ada taman kecil terdapat rumput-rumput, pohon kurma, zaitun dan pohon Tin yang pada dasarnya pohon ini berasal dari timur tengah. Serta terdapat kolam kecil dan tiga air mancur yang membuat pemandangan semakin indah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA