Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Al-Haram Padat

Jumat 10 August 2018 14:41 WIB

Red: Agung Sasongko

Suasana Masjidil Haram,  Makkah,  pada Rabu (8/8) malam waktu setempat.

Suasana Masjidil Haram, Makkah, pada Rabu (8/8) malam waktu setempat.

Foto: Republika/Erdy Nasrul
Beberapa hari terakhir, Makkah terus dipadati jamaah haji dari berbagai negara.

REPUBLIKA.CO.ID,  OLEH ERDY NASRUL dari Makkah

MAKKAH-- Meski Shalat Jumat berlangsung beberapa jam lagi, Masjid al-Haram sudah dipadati jutaan jamaah haji dari berbagai negara. Mereka masuk dari berbagai arah dengan berjalan cepat.

Ada yang masuk dari arah Terminal Bus Ajyad dan Menara Zamzam. Mereka adalah jamaah yang menginap di sekitat Rei Bakhsy dan Misfalah.

Terminal Bab Ali juga tak kalah ramai. Jamaah dari arah Mahbas Jin dan Aziziyah menadati area tersebut. Sedangkan jamaah dari Syisyah dan Syisyah Raudhah memadati area Syib Amir yang dekat dengan tempat lahir Rasulullah. Jamaah haji yang tinggal di area sektor 11 Jarwal datang dengan berjalan kaki.

Area dalam Masjid Suci sudah dipenuhi jamaah sejak pukul 8.00 waktu setempat. Ruang terbuka Ka'bah dan sekitarnya sudah padat sejak pagi hari. Begitu juga dengan lantai tawaf satu dan dua, penuh dengan manusia.

Sebagian jamaah yang melaksanakan umrah tidak kembali ke penginapan. Mereka tetap duduk membentuk shaf untuk shalat jumat. Sebagian terduduk beritikaf sambil berzikir.

Sejak beberapa hari terakhir, Makkah terus dipadati jamaah haji dari berbagai negara. Jamaah Indonesia sudah tiba di Tanah Suci, terutama Makkah sejak 26bJuli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jamaah Haji Berwukuf di Arafah

Senin , 20 August 2018, 23:56 WIB