Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Doa-Doa Bebas Utang yang Diajarkan Rasul ke Para Sahabat

Rabu 17 Oct 2018 10:11 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Seorang peserta  Dzikir Akbar Palu Beristigfar bersholawat  di Anjungan Nusantara pantai Talise, Palu Sulawesi tengah, Jumat (12/10).

Seorang peserta Dzikir Akbar Palu Beristigfar bersholawat di Anjungan Nusantara pantai Talise, Palu Sulawesi tengah, Jumat (12/10).

Foto: Darmawan / Republika
Para sahabat merasakan manfaat langsung doa yang disampaikan Rasul.

REPUBLIKA.CO.ID,  Nyaris tiap manusia pernah berutang, dengan besaran utang yang berbeda-beda. Keberadaan utang memang cukup memberatkan, namun Rasulullah SAW memberikan beberapa doa sederhana agar utang-utang kita terlunasi. 

Apa sajakah doa-doa tersebut? Syekh Muhammad al-Alawy al-Maliky dalam kitabnya Abwab al-Faraf membeberkan  beberapa doa yang dinukilkan secara langsung dari Rasulullah. Tiga di antaranya adalah sebagai berikut: 

Pertama, doa yang diajarkan Rasul kepada Umar bin Khatab. Redaksinya sebagai berikut dalam bahasa Arab: “Allahumma ihfazhni bil Islami qa’idan, wafidhni bil Islami raqidan, wa la tathma’ fiyya ‘aduwwan wa la hasidan. Wa a’udzubika mimma anta  akhidzun bi nashiyatihi wa as’aluka minal khairilladzhi biyadihi kulllihi.

Kedua, doa yang diajarkan Rasul kepada Abu Bakar RA. Doa tersebut juga lantas disampaikan Abu Bakar ke sang putri, Aisyah RA. Konon, doa yang sama juga disampaikan Nabi Isa AS kepada para pengikutnya. 

Doa itu sebagai berikut:”Allahumma farijal ham kasyifal gham, mujiba da’watal mudhtharrin, rahmanaddunya, wa rahimaha, anta tarhamuni far hamni, rahmatan tughnini biha ‘amman siwaka.” 

Abu Bakar memberikan testimoni setelah mengamalkan doa tersebut. “Aku ketika itu masih punya utang, dan aku sebenarnya benci berutang, tidak selang berapa lama hingga aku mengamalkan doa ini, Allah SWT bebaskan segenap utangku.”

Aisyah juga demikian. Doa yang diajarkan bapaknya tersebut juga sangat berkhasiat. Dia telah berutang ke Asma’ dan sangat malu dengan utang itu. Lalu dia berdoa dengan doa tersebut. Tak lewat berapa lama, Allah memberikan rezeki yang bukan berasal dari harta warisana tau sedekah. Hutangnya terlunasi, bahkan dia mampu memberikan sedekah.    

Ketiga, doa yang diajarkan ke Abu Umamah yang ketika itu tengah dililiat utang. Doa ini cukup populer yang dibaca pada waktu pagi dan sore hari. Redaksinya sebagai berikut: 

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhili, wa audzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijal.”

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES