Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Azan Berkumandang di Stadion Wembley

Ahad 02 Jun 2019 09:22 WIB

Red: Budi Raharjo

Stadion Wembley.

Stadion Wembley.

Foto: EPA-EFE/DOMENIC AQUILINA
Seorang pria di depan pintu masuk stadion melantunkan azan dengan sangat merdu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Untuk kali pertama dalam sejarah digelar acara buka puasa bersama bertajuk 'Open Iftar 2019' dihelat di salah satu tempat ikonis dalam dunia sepak bola dunia, yakni Stadion Wembley, London, Inggris. Tak hanya itu, untuk kali pertamanya juga suara azan terdengar di depan stadion berkapasitas 90 ribu bangku penonton itu.

Dalam cuplikan video yang berdurasi dua menit menunjukkan sebuah peristiwa bersejarah di Stadion Wembley, Jumat (31/5). Seorang pria yang berada di depan pintu masuk stadion dengan menggunakan pengeras suara melantunkan azan sangat merdu.

Azan itu berkumandang bukan sekadar mengingatkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah shalat, melainkan juga memperingatkan acara 'Open Iftar 2019' yang sejatinya juga diselenggarakan di sejumlah lokasi lainnya di Inggris dalam waktu yang sama seperti di Trafalgar Square.

"Open Iftar atau biasa disebut buka puasa bersama yang boleh diikuti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda. Acara tersebut tak hanya diperuntukkan bagi orang Islam, boleh dihadiri oleh orang-orang yang beragama lain, bahkan ateis sekalipun," tulis pernyataan resmi @muhammadhusein_gaza di akun sosial media Instagram, Sabtu (1/6).

Tujuan Open Iftar 2019 adalah untuk memperkenalkan kepada publik tentang bulan Ramadhan dan segala hal mengenai agama Islam. Acara Open Iftar diadakan di tempat-tempat berbeda selama bulan Ramadhan.

Namun, khusus untuk acara buka puasa bersama yang ber langsung di Stadion Wembley, pihak penyelenggara telah bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). (anggoro pramudya ed:citra listya rini)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA