Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Kompetisi Tilawah Alquran dan Azan Digelar di Saudi

Kamis 23 Mei 2019 13:25 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Hasanul Rizqa

Bendera Arab Saudi.

Bendera Arab Saudi.

Foto: AP/Cliff Owen
Arab Saudi mengadakan lomba tilawah Alquran dan azan yang terbuka bagi internasional

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi meluncurkan dua kompetisi, yakni tilawah Alquran dan adzan yang terbuka bagi peserta dari seluruh dunia. Kegiatan kompetisi itu secara resmi dibuka pihak pemerintah setempat.

"Hari ini kami mengumumkan peluncuran kompetisi Alquran terbesar dan kompetisi Adzan pertama dengan total hadiah 12 juta riyal," kata ketua otoritas tersebut, Turki Al-Sheikh, melalui unggahan di Twitter, seperti dilansir Arab News, Kamis (23/5).

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan di situs web kompetisi itu, acara Penghargaan Alquran dan Adzan itu digelar bertujuan untuk menyediakan sebuah pengalaman yang Islami kepada dunia dengan menyoroti keragaman budaya dunia Islam. Hal itu tercermin dalam berbagai metode membaca Alquran dan melantunkan adzan.

Penyelenggaran kompetisi ini memang ingin mendorong pemahaman yang lebih baik tentang Alquran dan bacaannya di kalangan pemuda Muslim. Di samping, guna mempromosikan sifat Islam yang menolak ekstremisme dan intoleransi dalam segala bentuknya.

Pendaftaran untuk kedua kompetisi itu dibuka pada 22 Mei dan akan ditutup pada 22 Juni. Penyaringan pendaftaran akan berlangsung hingga 22 Agustus. Sementara acara pertunjukan langsung para peserta kompetisi akan berlangsung sepanjang Agustus dan September. Selanjutnya, pemenang kompetisi akan diumumkan pada Oktober.

Kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan tahun ini. Otoritas Hiburan Saudi telah meluncurkan berbagai program acara yang direncanakan pada skala yang belum pernah terlihat di Kerajaan di tahun-tahun sebelumnya. Namun, otoritas akan menyoroti budaya lokal dan tradisional di rencana kegiatannya.

Pada Januari lalu, Al-Sheikh mengatakan berbagai kompetisi tersebut diselenggarakan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Kegiatan yang bersifat islami ini berada di bawah koordinasi para cendekiawan Islam.

Ia mengatakan, kompetisi pertama akan diperuntukkan bagi pelafalan Alquran yang paling indah. Karenanya, para peserta dengan suara paling indah dari berbagai negara diundang untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini. Menurutnya, hadiah pertama dari kompetisi ini ialah sebesar 5 juta riyal.

"Kompetisi Islam kedua adalah untuk adzan (seruan untuk shalat). Selain menerima hadiah besar sebesar 2 juta riyal, pemenang hadiah pertama juga dapat berharap untuk melantunkan adzan di Masjid Nabawi," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA