Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Dakwah Musim Gugur di Korea Selatan

Kamis 08 Nov 2018 22:25 WIB

Red: Agung Sasongko

Ustaz Khumaini bersama jamaah pengajian Dakwah Musim Dingin di Masjid al-Ikhlas, Oijongbu, Korea Selatan, Ahad (4/11).

Ustaz Khumaini bersama jamaah pengajian Dakwah Musim Dingin di Masjid al-Ikhlas, Oijongbu, Korea Selatan, Ahad (4/11).

Foto: Dok Ustaz Khumaini Rosadi
Dakwah musim dingin ini terselenggara atas kerjasama Tidim Jatman dan PCINU Korsel.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: H. Khumaini Rosadi, SQ, M.Pd.I )*

Berwarna kuning dan ungu sebelum daun itu jatuh berguguran. Indah sekali pemandangannya. Terlihat di pinggir-pingir jalan dan taman sangat memanjakan mata dan mengagumkan.

Beginilah musim dingin di Korea Selatan. Semua daun akan rontok pada musim dingin ini, kecuali daun pohon cemara yang bisa tetap bertahan. Pada Zuhur di Masjid al-Ikhlas, Oijonbu digelar pengajian.

Masjid al-Ikhlas ini berada di tempat yang sangat strategis. Di kelilingi toko-toko dan hiburan. Terletak di tengah-tengah keramaian. Ada keramaian yang mengajak kepada kemaksiatan. Ada keramaian yang mengajak kepada kebaikan.

Masjid al-Ikhlas Oijongbu, berlokasi di lantai paling atas, lantai 5. Sekitar 350 jamaah ikut meramaikan pengajian. Dakwah di musim gugur ini tantangannya adalah dingin.

Suasana Korea Selatan yang sangat dingin mencapai Nol derajat celcius di bulan November ini, membuat banyak orang malas untuk keluar rumah jika tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Di dalam rumah pun harus dinyalakan pemanas air, pemanas ruangan, dan selimut listrik penghangat. Puncak musim dingin nanti biasanya terjadi di bulan Desember, bahkan mulai turun hujan-hujan salju di daerah tertentu.

Dakwah musim dingin ini terselenggara atas kerjasama Tidim Jatman dan PCINU Korea Selatan. Semula dai yang akan dikirimkan ke Korea Selatan ini setiap bulannya 3 orang. Tetapi karena berkaitan dengan visa yang belum turun sampai di bulan November.

Akhirnya, saya dikirim sendirian oleh Tidim Jatman untuk memperkuat Squad Dai Tidim Jatman agar lebih serius dalam kerjasama dakwah ini dari mulai musim dingin sampai musim salju.

Semoga dakwah di musim dingin membawa keberkahan dan manfaat untuk para WNI di Korea Selatan. Dakwah Tidim adalah dakwah Thoriqoh. Dakwah yang mengedepankan kelembutan hati menuju jalan yang diridhai oleh Allah SWT.

*Tim Inti Dai Internasional dan Multimedia (TIDIM) JATMAN (Jam’iyyah Ahli Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah), Corps Dai Ambassador Dompet Dhuafa (CORDOFA).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES