Jumat, 10 Safar 1440 / 19 Oktober 2018

Jumat, 10 Safar 1440 / 19 Oktober 2018

Geliat Pendidikan Islam di Nigeria

Jumat 12 Okt 2018 19:31 WIB

Red: Agung Sasongko

Muslim Nigeria

Muslim Nigeria

Foto: AP
Para sarjana Islam berinisiatif memberikan pendidikan Islam dan bahasa Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedatangan Islam ke Nigeria pada abad kesembilan membawa perubahan besar, salah satunya pada bidang pendidikan. Ajaran Islam yang mendorong umatnya menuntut ilmu menginspirasi penguasa setempat untuk menggiatkan aktivitas belajar, mulai halaqah di masjid-masjid hingga pembelajaran di sekolah.

Perkembangan pendidikan Islam dimulai pada Kekaisaran Borno yang terpusat di bagian utara Nigeria. Kekaisaran ini dipimpin oleh Mai Idris Alooma yang me merintah sampai tahun 1603. Selain sekolah- sekolah Islam, raja juga mendirikan masjid, pengadilan Islam, dan bagian pemerintahan lainnya. Pendidikan Islam menyebar lebih jauh dari Kekaisaran Borno ke wilayah lain Nigeria pada tahun-tahun berikutnya.

Pada abad ke-16, banyak kota di Nigeria utara mempraktikkan Islam. Sistem pendidikan Islam sudah berkembang di wilayah itu, yaitu ditandai semakin meluasnya penyebaran Islam dan pendidikan Islam ke bagian tengah Beltan.

Islam kemudian menyebar ke bagian barat daya Nigeria pada masa peme rintahan Man sa Musa dari Kekaisaran Mali. Ini terjadi pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah. Meluasnya pendidikan Islam di barat da ya Nigeria merupakan jasa besar pedagang Arab yang berasal dari Afrika Utara. Mereka menyeberangi sungai Niger ke bagian barat daya Nigeria.

Penjelasan lain menyebutkan pendidikan Islam berasal dari orang-orang Mali atau Esin Imale. Mereka adalah orang-orang yang mendirikan sekolah Islam di sa na mulai abad ke-14 dan 15. Sistem pen didikan semakin mengakar antara abad ke-18 dan ke-19.

Sumber : Islam Digest Republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES