Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Lima Masjid Tercantik di Dunia

Jumat 10 August 2018 11:54 WIB

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Ani Nursalikah

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam.

Foto: Wikimedia
Masjid dibangun dengan warna-warna cantik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap masjid yang dibangun hampir di seluruh pelosok dunia, memiliki keunikan dan ciri masing-masing. Struktur bangunan seperti kubah, aristektur, interior, mozaik serta warna biasanya menjadikan Masjid itu berbeda di setiap wilayah.

Jika zaman dahulu masjid identik dengan khas warna putihnya, saat ini bahkan di seluruh dunia, Masjid dibangun dengan warna-warna cantik. Berikut lima Masjid di seluruh dunia dengan bangunan dan arsitektur yang cantik, dilansir laman Wonderslist.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin - Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien merupakan bangunan Islam yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Kesultanan Brunei Darussalam. Masjid ini dianggap sebagai salah satu masjid paling indah di Asia Pasifik. Masjid ini juga menjadi daya tarik tersendiri di negeri kaya minyak tersebut. Dibangun di atas laguna buatan tepi sungai, tak ayal menjadikan rumah ibadah umat muslim ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Memiliki kubah keemasan, membuat masjid ini bersinar saat malam hari. Masjid yang dibangun dengan biaya senilai 5 juta dolar AS ini berdiri sejak 1958. Masjid ini menjadi contoh gaya arsitektur modern di Asia Tenggara. Masjid dikelilingi oleh taman, pemohonan lengkap dengan air mancur serta kebun bunga nan indah. Masjid ini menyatukan arsitektur Mughal dan gaya Italia.

Masjid Zahir - Kedah, Malaysia

Masjid Zahir terletak di jantung Alor Star, ibukota negara bagian Kedah, Malaysia. Ini adalah salah satu masjid termegah dan tertua di Malaysia. Masjid ini dibangun pada tahun 1912, didanai oleh Tunku Mahmud, putra dari Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Arsitektur dari masjid terinspirasi oleh Masjid AZIZI di kota Langkat di Sumatera Utara, Indonesia. Masjid ini didirikan dengan lima kubah besar yang melambangkan lima prinsip utama Islam. Kompetisi membaca ALquran negara diadakan setiap tahun di dalam lokasi masjid. Masjid ini telah terpilih sebagai 10 masjid paling indah di dunia.

Sebagai salah satu tengara arsitektur yang paling istimewa di Kedah, Masjid Zahir merupakan contoh elegan arsitektur Melayu-Islami. Masjid yang berlokasi di pusat Alor Setar ini merupakan masjid resmi negara dan masjid utama untuk umat Islam setempat. Tempat ini juga merupakan makam pejuang Kedah yang gugur saat mempertahankan negara dari bangsa Siam tahun 1821.

photo

Masjid Zahir.

Masjid Faisal Islamabad - Pakistan

Masjid Faisal di Islamabad adalah masjid besar di Asia Tenggara dan Selatan, juga merupakan masjid terbesar keempat di dunia. Ini adalah masjid terbesar di dunia 1986-1993 sebelum dikalahkan oleh penyelesaian Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko dan setelah perluasan Masjid Al-Haram (Masjid Agung) Mekkah dan Al-Masjid Al- Nabawi (Masjid (damai dan berkah Allah besertanya) di Madinah, Arab Saudi pada 1990-an.

Masjid memukau ini terletak di kaki Bukit Margalla, adalah salah satu yang terbesar di Asia dan mencerminkan perpaduan eklektik gaya desain arsitektur tradisional dan modern. Ditutupi oleh atap miring (sangat kontras dengan kubah tradisional yang ditemukan di sebagian besar masjid), ruang shalat utama dan halaman dapat menampung sekitar 100 ribu orang. Sebagian besar biayanya adalah hadiah dari Raja Faisal dari Arab Saudi.

Dirancang oleh arsitek Turki, Vedat Dalokay, dan dibangun antara 1976 dan 1986, desain geometris masjid mengesankan sulit untuk dilihat sampai Anda berada di dekat bangunan. Empat menara setinggi 88 meter ini merupakan aula untuk berdoa. Mausoleum almarhum Presiden, Zia ul-Haq, bersebelahan dengan masjid. Tak hanya umat Muslim yang datang ke masjid ini, melainkan wisatawan non-Muslim juga sering berdatangan. Hanya saja, mereka tidak diperkenankan datang pada saat shalat Jumat.

photo

Masjid Faisal di Islamabad.

Masjid Taj ul - Bhopal, India

Taj-ul-Masajid secara harfiah berarti "The Crown of Mosques" yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini juga digunakan sebagai sekolah Islam pada siang hari. Ini adalah salah satu masjid terbesar di asia. Masjid memiliki fasad merah muda di atasnya oleh dua menara oktagonal setinggi 18 meter dengan lantai berkubah marmer. Masjid ini juga memiliki tiga kubah besar, lorong utama yang mengesankan dengan pilar yang menarik dan lantai marmer menyerupai arsitektur Mughal seperti Masjid Jama di Delhi dan Masjid Badshahi Lahore yang besar.

Masjid ini memiliki halaman besar di tengah. Juga dihiasi oleh gerbang bertingkat ganda dengan empat lengkungan tersembunyi. Masjid terbesar di India, itu bukan hanya tempat keagamaan tetapi juga objek wisata. Pembangunan masjid ini ditugaskan oleh penguasa ketiga Bhopal-Nawab Shah Jahan Begum dari Bhopal, istri Baqi Mohammad Khan pada masa pemerintahan Kaisar Mughal Bahadur Shah Zafar. Konstruksi dilanjutkan oleh putrinya Sultan Jahan Begum tetapi tidak dapat menyelesaikannya dalam masa hidupnya karena kekurangan dana dan perang tahun 1857.

Masjid Hassan II - Maroko

The Grande Mosquée Hassan II, terletak di Casablanca, Maroko. Ini adalah masjid terbesar di negara dan merupakan 7 diantara masjid terbesar di dunia. Menara masjid ini adalah yang tertinggi di dunia dengan ketinggian 210 meter (689 kaki). Itu selesai pada tahun 1993. Masjid berdiri di sebuah tanjung yang menghadap ke Samudera Atlantik, dasar laut terlihat melalui lantai kaca aula gedung. Dinding terbuat dari marmer buatan tangan dan atapnya bisa ditarik. Maksimal 105 ribu jamaah dapat berkumpul bersama untuk berdoa, 25 ribu di dalam aula masjid dan 80 ribu lagi di luar masjid.

photo

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jamaah Haji Berwukuf di Arafah

Senin , 20 August 2018, 23:56 WIB