Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Bagian Masjid Sengaja Dihancurkan Demi Pelebaran Jalan

Sabtu 07 Jul 2018 14:16 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani

Muslimah India

Muslimah India

Foto: islam.ru
Komunitas muslim India menyebut tindakan itu sebagai contoh keharmonisan komunal

REPUBLIKA.CO.ID, UTTAR PRADESH -- Komunitas Muslim di Uttar Pradesh menghancurkan sejumlah bagian masjid demi memfasilitasi pelebaran jalan. Mereka menetapkan tindakan ini sebagai contoh keharmonisan komunal.

Umat Islam merobohkan bagian bangunan kompleks masjid untuk memfasilitasi pelebaran jalan bagi Kumbh Mela yang akan datang. Kumb Mela adalah sebuah acara keagamaan di tepi Gangga, Yamuna dan sungai Sarswati di negara bagian Uttar Pradesh, India.

Menurut pejabat Allahabad Development Authority (ADA) dari Uttar Pradesh, bagian utama dari dua masjid, yang menghalangi pekerjaan jalanan dihancurkan oleh Muslim pada hari Selasa lalu.

"Anggota komunitas Muslim, termasuk ulama menghancurkan bagian dari dua masjid di Rajruppur dan Jalur Sipil di kota," kata seorang pejabat senior ADA di Allahabad, dilansir Deccan Herald, Kamis (5/7).

Otoritas sebelumnya telah mengidentifikasi dua masjid untuk pembongkaran saat melakukan pekerjaan jalan yang meluas. Para pejabat ADA mengatakan bahwa beberapa anggota komunitas Muslim menyarankan pekerjaan pembongkaran harus diserahkan kepada mereka untuk menghindari ketegangan.

"Kami siap melaksanakan saran itu hingga pada hari Selasa, mereka melakukannya tanpa masalah," katanya.

Bahkan, pengurus salah satu masjid, yang dikenal sebagai Tirpal wali masjid di daerah Garis Sipil, Abdul Quddus, bergabung dengan anggota lain dari komunitasnya dalam menghancurkan bagian-bagian masjid.

"Kami juga ingin bergabung dengan orang lain dalam menyambut para peziarah di sini pada kesempatan Kumbh, yang dijadwalkan akan diadakan awal tahun depan, adalah tugas kami untuk memastikan bahwa kota ini siap untuk mengadakan acara keagamaan," katanya.

Pekerjaan pelebaran jalan sedang berlangsung dengan lancar di Allahabad. Beberapa kuil juga kemungkinan akan dihancurkan sejumlah bagian bangunannya yang menghalangi pekerjaan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES