Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Presiden Taiwan Ucapkan Selamat Idul Fitri bagi Umat Muslim

Sabtu 16 Jun 2018 09:23 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah

Presiden terpilih Taiwan Tsai Ing Wen.

Presiden terpilih Taiwan Tsai Ing Wen.

Foto: Reuters/Pichi Chuang
Perayaan Idul Fitri di Taiwan dilaksanakan di Taipei Grand Mosque

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Muslim yang ada di Taiwan dan seluruh dunia pada Jumat (15/6) waktu setempat. Lewat halaman Facebook-nya, Tsai juga membagikan tautan yang menunjukkan video praktik ibadah yang biasa dilakukan umat Muslim dalam bentuk animasi.

Dalam unggahannya, Tsai berharap Idul Fitri bisa menjadi momentum bagi orang-orang untuk mengenal sejarah Islam dan budayanya yang beraneka ragam. Ucapan senada juga diungkapkan oleh Democratic Progressive Party (DPP). DPP melalui akun Facebook-nya mendoakan kebaikan bagi seluruh Muslim di Taiwan di hari kemenangan ini.

Dalam postingannya, DPP menyatakan Taiwan adalah negara yang menghormati perbedaan budaya. Partai tersebut juga berterima kasih kepada populasi Muslim Taiwan, termasuk para pekerja migran, atas kontribusinya menggerakkan roda ekonomi dan sosial di Taiwan.

Dilansir dari Focus Taiwan News Channel, ribuan Muslim di Taiwan yang didominasi para pekerja migran berkumpul di lobi Taipei Main Station. Mereka berkumpul untuk merayakan Idul Fitri setelah berpuasa sebulan lamanya.

Wakil Wali Kota Taipei, Chen Chin-jun, yang ikut hadir di tempat tersebut menyebut kota Taipei selama ini telah mempromosikan fasilitas dan layanan ramah Muslim. Di antaranya adalah tempat shalat di area publik dan sistem sertifikasi halal untuk restoran lokal. Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, Robert James Bintaryo, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya perayaan Idul Fitri yang digagas oleh pemerintah setempat.

Perayaan Idul Fitri juga diadakan di Taipei Grand Mosque dengan Shalat Ied yang dipimpin oleh imam yang sekaligus penasihat masjid Ibrahim Chao. Berdasarkan keterangan Pemkot Taipei, Muslim Carnival akan diadakan di Da'an Forest Park pada Ahad (17/6) waktu setempat. Acara itu akan diisi penampilan tari dan stand-stand yang menjual makanan dari berbagai negara.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA