Senin, 10 Zulqaidah 1439 / 23 Juli 2018

Senin, 10 Zulqaidah 1439 / 23 Juli 2018

Masjid Bersejarah di Turki Kebakaran

Senin 16 April 2018 09:07 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ani Nursalikah

Masjid Tesvikiye di Istanbul, Turki terbakar saat dalam proses pemugaran.

Masjid Tesvikiye di Istanbul, Turki terbakar saat dalam proses pemugaran.

Foto: Daily Sabah
Kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian interior masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Bencana kebakaran terjadi di sebuah masjid bersejarah di kawasan Sisli, Istanbul, Turki pada Ahad (15/4). Asap pekat terlihat keluar dari menara Masjid Tesvikiye yang saat ini sedang menjalani pemugaran.

Tim penanganan darurat segera merespons kebakaran tersebut dan dapat memadamkan api. Meskipun demikian, kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian interior masjid. Dilansir di Daily Sabah, Ahad (15/4) petugas masih belum mengetahui penyebab kebakaran di masjid ersebut.

Masjid Tesvikiye merupakan masjid yang dibangun Sultan Abdul Mejid I pada 1854. Masjid yang penuh akan nilai sejarah tersebut dibangun dengan gaya bangunan neo-baroque.

Sebenarnya, pembangunan masjid tersebut merupakan tugas dari Sultan Selim III pada 1974. Akan tetapi, pembangunan selesai beberapa dekade kemudian.

Masjid dibangun pada era yang sama dengan Masjid Ortakoy dan Istana Dolmabahce. Masjid Tesvikiye menggambarkan keadaan Eropa pada masa itu. Hal tersebut dapat dilihat dari arsitektur yang menempatkan pilar putih pada jalan masuknya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES