Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Islamnya Balkan dan Jasa Sang Penakluk

Kamis 01 Mar 2018 05:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Muslim Bosnia

Muslim Bosnia

Foto: washingtonpost
Islam masuk ke Balkan pada abad ke-15

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Agama Islam di Bosnia dan Herzegovina memiliki sejarah kaya dan panjang. Sebagian besar Muslim di Bosnia adalah Muslim Sunni.


Diperkirakan, jumlahnya mencapai tiga juta orang. Islam menjadi agama terbesar di Bosnia. Sebanyak 31 persen menganut Ortodoks dan 15 persen menganut Katolik Roma.

Islam pertama kali diperkenalkan di Balkan oleh Sultan Mehmet Sang Penakluk dari Kekaisaran Ottoman pada pertengahan abad ke-15. Sebagian besar Bosnia berhasil dikuasai Ottoman pada 1463 M. Sedangkan, Herzegovina berhasil ditaklukkan pada 1480-an.

Satu abad kemudian, banyak Suku Slavic memeluk Islam di bawah kepemimpinan Ottoman. Pada awal 1600-an, diperkirakan dua per tiga dari populasi Bosnia adalah Muslim.

Bosnia dan Herzegovina tetap menjadi provinsi di Kekaisaran Ottoman dan memperoleh otonomi setelah pemberontakan Bosnia pada 1831 M. Setelah 1878 M, muncul Kongres Berlin di bawah kendali sementara Austria-Hungaria.

Pada 1908, Austria-Hungaria secara resmi menganeksasi wilayah itu. Bosnia dan Albania adalah satu-satunya bagian dari Kekaisaran Ottoman di Balkan tempat sejumlah besar orang masuk Islam dan tinggal setelah kemerdekaan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA