Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Pengobatan Medis ala Rasul

Senin 06 August 2012 06:01 WIB

Rep: Anjar Fahmiarto/ Red: Chairul Akhmad

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: 4shared.com

REPUBLIKA.CO.ID, Rasulullah SAW adalah teladan terbaik bagi umat manusia. Dia adalah pribadi yang agung, yang telah dijamin Allah SWT bebas dari dosa dan kemaksiatan.

Dengan demikian, pantaslah jika Rasul menjadi panutan dan contoh utama, termasuk dalam hal pengobatan. Dia adalah panutan nomor wahid dalam menerapkan pengobatan penyakit yang diturunkan Allah.

Dengan keyakinan ini, metode ala Rasulullah itu penting diketahui oleh umat Islam. Meneladani cara pengobatan yang dicontohkan Rasul adalah bagian dari kewajiban mengikuti sunahnya.

Buku yang ditulis oleh ulama besar, Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah, ini telah mendapat pengakuan luas sebagai buku yang memberikan sumbangsih dalam ilmu kedokteran. Di dalamnya termuat berbagai informasi pengobatan yang telah dilakukan oleh Rasulullah. Sebuah cara pengobatan yang tidak sekadar berlandaskan rasio belaka, tetapi didukung penuh oleh otoritas wahyu Ilahi.

Dalam buku ini disebutkan ada dua jenis penyakit, yaitu penyakit hati dan jasmani. Penyakit yang bersemayam di hati ada dua macam, yaitu syubhat yang disertai keraguan dan syahwat yang disertai kesesatan. Alquran menyebutkan kedua penyakit tersebut di dalam firman-Nya Surah Al-Baqarah ayat 10: “Dalam hati mereka ada penyakit. Lalu, Allah menambahkan penyakit mereka.”

Terkait penyakit jasmani, ada tiga metode pengobatan yang meliputi tiga aturan dasar. Yaitu, menjaga kesehatan, men cegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam tubuh, dan pembebasan tubuh dari zat-zat yang merugikan. Allah menyebut tiga prinsip dasar ini dalam tiga ayat yang berbeda, yaitu ayat tentang puasa, haji, dan bersuci.

Dalam buku ini juga dijelaskan tentang petunjuk Nabi untuk mengobati diri sendiri, keluarga, dan para sahabatnya. Jenis obat yang digunakan tidak berupa campuran kimia yang biasa disebut eqrabadzain. Sebagian besar obat mereka adalah makanan sehat nonkimiawi.

Buku ini juga menyajikan cara mengobati berbagai penyakit sesuai ajaran Rasulullah. Karena itu, buku ini layak dibaca untuk mengetahui metode pengobatan nabawi itu.

Judul         : Praktek Kedokteran Nabi

Penulis     : Ibnu Qoyyim Al Jauziyah

Penerbit  : Hikam Pustaka

Cetakan   : VII, Desember 2010

Tebal         : 504 hlm

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Senegal Menang 2-1 Atas Polandia

Rabu , 20 June 2018, 00:22 WIB