Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

Haji dari Zaman ke Zaman (2)

Jumat 21 Aug 2015 05:53 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah calon haji melakukan Ibadah Tawaf saat berlatih manasik di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (20/8).

Sejumlah calon haji melakukan Ibadah Tawaf saat berlatih manasik di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (20/8).

Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Komaruddin Hidayat

Memasuki kota Makkah atau Madinah untuk yang pertama kalinya hati pasti  tergetar. Tidak mampu menahan air mata, rasa syukur, kagum, tidak percaya, bahwa akhirnya akan tercapai juga untuk memenuhi rukun Islam yang kelima yang puluhan tahun didambakan.

Begitu masuk Masjidil Haram melihat Ka’bah, subhanallah….lidah sulit untuk mengekspressikan perasaan dan pikiran kecuali memuji Allah dengan disertai linangan air mata. Muncul perasaan  bahwa Masjidil Haram adalah batas akhir dunia, namun juga belum masuk alam akhirat. Ada perasaan berada di wilayah perbatasaan antara dunia dan akhirat.

Dengan pakaian ihram, tak ubahnya kain kafan, seakan kita sudah jadi mayit memasuki orbit akhirat, namun juga sadar bahwa kita masih di dunia. Seseorang tidak membawa apa-apa, kecuali kain kafan dan rekaman amal perbuatannya selama hidup. Makanya berbahagialah mereka yang sepulang haji melakukan transformasi diri, sebuah pertobatan untuk menemukan  kembali kefitriannya.Antara lain dengan melunasi semua utangnya:  utang pada negara, masyarakat, keluarga dan pada Tuhan.

Haji tidak menjamin terhapusnya dosa-dosa kita, terlebih lagi dosa sosial. Berhaji tidak bisa menghapus perkara perdata dan pidana. Tetapi berhaji bisa menjadi momentum penyadaran diri untuk melakukan pertobatan dan perbaikan diri. Sekian banyak pesan moral haji realisasinya bukan di Makkah-Madinah, melainkan  dalam panggung kehidupan sehari-hari setiba di Tanah Air.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA