DPR Soroti Situasi Perlambatan Ekonomi Global

Kamis , 02 Feb 2017, 22:22 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan.
Foto: dpr
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan, menyoroti situasi perlambatan ekonomi global sehingga diharapkan berbagai pihak terkait juga dapat membuat kebijakan yang tepat guna mengantisipasinya.

''Situasi dan perlambatan ekonomi global belum stabil dan diperkirakan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang," kata Heri Gunawan dalam rilisnya, Kamis.

Menurut dia, ketidakpastian itu juga dinilai semakin diperburuk dengan ekspektasi negatif kebijakan pemerintah baru AS yang memperketat kebijakan moneternya. Politikus Partai Gerindra itu juga mengingatkan faktor lainnya yang juga terkait perlambatan ekonomi global antara lain adalah dampak Brexit (keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa) serta melambatnya pertumbuhan Cina, negara dengan perekonomian terbesar saat ini.

Dia juga berpendapat bahwa Surat Utang Negara (SUN) saat ini terlalu gemuk dan tingginya ketergantungan terhadap Surat Berharga Negara (SBN) dan instrumen utang lainnya sehingga berpotensi mengancam secara ekonomi.

Terkait dengan masa kerja komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan berakhir pada Juli 2017, dia menginginkan calon komisioner OJK yang baru juga mampu mengantisipasi tren perekonomian mendatang.

 

Sumber : Antara