Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Ketua DPR Dukung Usulan Soeharto dan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

Jumat 11 November 2016 23:17 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ketua DPR Ade Komarudin bersiap melepas keberangkatan kereta ketika mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (15/6).

Ketua DPR Ade Komarudin bersiap melepas keberangkatan kereta ketika mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (15/6).

Foto: Antara/Wahyu Putro A

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Ade Komarudin, mendukung usulan kedua tokoh yang pernah berjasa bagi negara Indonesia yaitu Presiden RI-2 Soeharto dan Presiden RI-4 K.H Abdurrahman Wahid (Gusdur) dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Menurut dia, kedua tokoh ini adalah orang berjasa bagi negeri ini, kenapa tidak kita berikan gelar pahlawan.

Namun, terlepas dari sisi kontroversinya Akom menambahkan Soeharto dan Gus Dur memiliki jasa yang banyak bagi Indonesia. “Kita jangan lihat sisi kelemahnya, kita juga harus lihat sisi kehebatan untuk bangsa ini, dan dua tokoh ini orang yang berjasa untuk republik ini. Namun, kewenangan itu tidak pada kami, saya selaku pimpinan DPR hanya bisa merekomendasikan,” kata dia, Kamis (10/11).

Gus Dur adalah Presiden yang pada masanya membolehkan kembali pertunjukan budaya Cina/Tionghoa di hadapan publik. Gus Dur juga menjadikan Imlek sebagai hari libur resmi nasional sekaligus mengakui Khong Hu Cu (Konfusianisme) sebagai agama resmi negara. Gus Dur juga mengganti nama provinsi Irian Jaya menjadi Papua yang merupakan nama awalnya.

 

Sementara, Soeharto atau yang lebih dikenal dengan Bapak Pembangunan Republik Indonesia, karena pada zamannya dia memulai pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Sumber : pemberitaan DPR
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler