Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Parlemen Timor Leste Pelajari Sistem di DPR

Kamis 22 Sep 2016 14:44 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Gedung DPR

Gedung DPR

Foto: Yogi Ardhi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen dpr Winantungtyas Titi Swasanany menerima kunjungan Parlemen dari Timor Leste di gedung Kesetjenan DPR RI, Jakarta, Kamis (22/9). Parlemen Timor Leste ingin mempelajari sistem tata pemerintahan dari sisi parlemen dan juga dari sisi pendukungnya.

"Karena sebagai negara mereka merasa masih relatif muda baru 14 tahun merdeka, sehingga mereka merasa penting untuk mendapat informasi dari negara yang dulu pernah menjadi bagiannya,” ujar Win sapaan akrabnya.

Hal ini penting disampaikan karena anggota parlemen juga merupakan pendukung pembangunan negara, sehingga Win menyampaikan kepada rombongan parlemen dari Timor Leste bagaimana memantapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung kinerja DPR agar menjadi lebih baik.

Selain itu mereka juga berniat untuk mengundang Sekjen DPR untuk menjadi salah satu narasumber dalam seminar di Timor Leste untuk berbagai pengalamanya. Terkait hal ini Win sangat menyambut baik ajakan dari Parlemen Timor Leste tersebut.  

“Ya kita siap saja untuk itu,” kata dia.

Rombongan yang dipimpin Agostinho Lay (Presiden Komisi Etik Parlemen Nasional Timor Leste) mengucapkan terima kasihnya atas informasi yang disampaikan Sekjen DPR dan berharap kedepannya bisa bekerja lebih baik lagi untuk membangun bangsa.

“Saya akan membawa informasi yang di dapat di sini untuk perubahan Parlemen di Timor Leste. Misalnya seperti Kinerja MKD (Majelis Kehormatan Dewan) di DPR yang bisa memberikan sanksi ringan hingga berat kepada anggota, karena di tempat kami tidak ada MKD adanya komisi Etik dan kami tidak bisa memberikan sanksi. Makanya kami akan membawa informasi ini untuk disampaikan ke pimpinan agar ada perubahan,” kata dia.

Sumber : pemberitaan DPR
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler