Nelayan Perlu Dibantu Pahami Sistem Cuaca

Rabu , 21 Sep 2016, 08:14 WIB
  Sejumlah nelayan memperbaiki jaring di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. (ilustrasi)   (Republika/Edi Yusuf)
Sejumlah nelayan memperbaiki jaring di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. (ilustrasi) (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nelayan tradisional perlu dibantu untuk memahami sistem cuaca sehingga bisa menghindari kecelakaan serta membantu kinerja mereka dalam menangkap beragam komoditas perikanan di berbagai daerah. Komisi V DPR Anton Sihombing mengatakan banyak nelayan mereka yang belum mengerti bagaimana cara membaca sistem cuaca. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan ketika melaut.

Dia juga menginginkan pihak seperti BMKG dapat mampu membantu menyosialisasikan hasil-hasil yang didapat kepada jaringan-jaringan di bawahnya. Hal tersebut, kata dia juga dapat dilakukan antara lain misalnya dengan bekerja sama bersama pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sebagaimana diwartakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan penggunaan alat tangkap yang lebih ramah lingkungan bakal meningkatkan pendapatan para nelayan karena menjaga sumber daya kelautan untuk generasi mendatang. "Pendapatan akan menjadi lebih baik, jika mengganti alat tangkap ramah lingkungan, karena caranya sudah benar," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam siaran pers, Selasa (6/9).

Sebagaimana diketahui, Menteri Susi dalam sejumlah kesempatan mengajak para nelayan yang masih menggunakan alat tangkap perusak lingkungan untuk menggantinya dengan alat tangkap yang ramah lingkungan. Susi mengatakan, pergantian alat tangkap ramah lingkungan merupakan langkah strategis menuju perikanan Indonesia yang lebih baik. Selain itu, ujar dia, pergantian alat tangkap yang aman dinilai juga mampu mendorong nelayan untuk memberikan sumbangsih nyata pada kualitas produk perikanan.

Sedangkan terkait dengan biaya pergantian alat tangkap, Susi mengajak perbankan untuk terjun membantu nelayan memberikan pinjaman. "Untuk ganti alat tangkap, perbankan siap memberikan pinjaman," ucapnya.

Sumber : antara