DPR Minta Bantunan ke Petani Sesuai Kebutuhan dan Kondisi Daerah

Rabu , 04 Nov 2015, 13:40 WIB
Mentan Andi Amran Sulaiman didampingi Bupati Ngawi Budi Sulistyono (kanan) melihat traktor yang dibagikan Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara
Mentan Andi Amran Sulaiman didampingi Bupati Ngawi Budi Sulistyono (kanan) melihat traktor yang dibagikan Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG --  Anggota Komisi IV DPR Hermanto meminta Kementerian Pertanian memastikan bantuan yang diberikan kepada petani di daerah seperti bibit hingga alat mesin pertanian sesuai dengan kondisi daerah agar dapat digunakan dengan tepat.

"Jangan sampai alat-alat mesin pertanian pada akhirnya tidak terpakai karena tidak cocok," kata dia di Padang, Rabu.

Ia mencontohkan, pada daerah yang kondisi tanahnya berbukit-bukit dengan lahan yang sempit tentu tidak cocok diberikan traktor ukuran besar, namun lebih cocok dibantu traktor kecil.

Menurut dia hal ini perlu menjadi perhatian agar bantuan yang diberikan tidak sia-sia dan sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.

Selain itu, lanjut dia, terkait bantuan benih padi Kementerian Pertanian harus memahami kebiasaan dan budaya lokal.

Seperti di Sumatera Barat beras yang dikonsumsi jenis pera, sedangkan di Pulau Jawa beras pulen. "Tentu hal ini harus disesuaikan," kata dia.

Kalau tetap diberikan beras yang tak sesuai dengan kebiasaan masyarakat setempat maka tidak akan laku dijual karena tidak ada yang mengonsumsi.

Sementara itu salah seorang petani di Kuranji, Padang, Syafrudin berharap pemerintah memberikan bantuan berupa pupuk dan traktor.

Ia juga berharap pemerintah turut membantu meningkatkan kapasitas saluran air agar pengairan sawah lebih maksimal.

Sumber : antara