Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Anggota DPD Mau Kalimantan Masuk Destinasi Wisata Prioritas

Selasa 11 Feb 2020 18:11 WIB

Red: Gita Amanda

Pekerja melakukan pengasahan intan di pusat informasi pariwisata penggosokan intan di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (12/5).Republika/Edwin Dwi Putranto

Pekerja melakukan pengasahan intan di pusat informasi pariwisata penggosokan intan di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (12/5).Republika/Edwin Dwi Putranto

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Potensi wisata di Kalimantan luar biasa hanya saja belum terkelola.

REPUBLIKA.CO.ID, PUTUSSIBAU -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Erlinawati mempertanyakan tidak masuknya pulau Kalimantan dalam daftar destinasi wisata prioritas oleh Pemerintah Pusat.

"Potensi wisata di Kalimantan itu luar biasa dan hanya saja belum terkelola dengan baik karena masih minimnya dukungan dari pemerintah pusat termasuk wisata Danau Sentarum mau pun destinasi wisata lainnya di pulau Kalimantan," kata Erlinawati senator dari Kalimantan Barat saat di hadapan Menteri Pariwisata di Jakarta, Selasa (11/2).

Disampaikan Erlinawati, hasil kunjungan kerja Komite III DPD RI ke sejumlah daerah di Kalimantan Barat khusus Kabupaten Kapuas Hulu, sudah disampaikan kepada Menteri Pariwisata. Menurut dia, kendala pengembangan potensi wisata Taman Nasional Danau Sentarum menjadi salah satu yang dibahas dalam pertemuan dengan Menpar.

Baca Juga

"Dihadapan Menpar Wakil Ketua Komite III DPD RI Evi Apita Maya juga sudah menyampaikan hasil kunjungan kerja dari Kalbar," ucap Erlinawati.

Erlinawati yang juga merupakan istri Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, itu berharap agar pemerintah pusat khususnya pihak kementerian pariwisata juga memprioritaskan pengembangan potensi wisata Kapuas Hulu.

"Saya sempat pertanyaan kenapa pulau Kalimantan tidak masuk dalam daftar destinasi wisata prioritas oleh pemerintah," tegas Erlinawati.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wisnu Utama mengatakan salah satu upaya kementerian pariwisata saat ini dalam mendukung terbentuknya ibu kota baru ( di Kalimantan ) adalah harus di bangunnya tujuan destinasi wisata. Salah satu contohnya, kata Wisnu, yaitu potensi Kalimantan dapat dijadikan tujuan wisata safari atau ecotourisme.

"Kita harus sama-sama menciptakan semangat desnitasi wisata untuk Kalimantan, dalam hal ini kita mengusulkan kepada bapak presiden agar dapat membuat destinasi destinasi wisata daerah misalnya theme park yang berkaitan dengan hutan dan lain sebagainya," kata Wisnu.

Sebelumnya pada 4 Februari 2020 anggota komite III DPD RI 10 orang melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dan salah satunya mengunjungi kawasan Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum dimana bidang pariwisata merupakan salah satu bidang kerja Komite III DPD RI.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA