Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

GKR Hemas: akan Banyak Aksi Legislasi Menarik di DPD

Ahad 07 Jul 2019 16:15 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) GKR Hemas.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) GKR Hemas.

Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Komposisi DPD periode 2019-2024 di isi 70 persen orang muda.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengatakan profil anggota baru Dewan Perwakilan Daerah ( dpd ) RI periode 2019-2024 menjanjikan kualitas lembaga yang lebih baik.

Baca Juga

"Tujuh puluh persen orang muda, 30 persen perempuan, dan sekitar 80 persen punya pengalaman politik. Itu jelas menggambarkan kualitas," ujar gkr hemas yang terpilih untuk keempat kalinya sebagai anggota DPD RI dari daerah pemikihan Yogyakarta dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (7/7).

GKR Hemas telah menjadi anggota pada periode pertama lembaga tersebut, yakni pada.2004-2009, dengan prosentase suara tertinggi se-Indonesia. Demikian pula dalam empat kali pemilihan DPD selanjutnya, selalu meraih suara tertinggi.

Pada periode pertama, namanya langsung meroket karena mengusulkan perubahan kelima UUD 1945. "Amendeman UUD 1945 diperlukan untuk memperkuat kewenangan DPD agar lebih bermanfaat bagi daerah," katanya kala itu.

Dua periode berikutnya, ia duduk sebagai Wakil Ketua DPD. Selama kepemimpinannya itu, DPD menghasilkan kuantitas keputusan lebih banyak dibanding periode saat ini. Periode 2009-2014, misalnya, dihasilkan 319 keputusan.

Demikian pula segi kualitas keputusan yang dihasilkan, pada masa kepemimpinannya terwujud UU Kelautan, UU Desa, yang manfaatnya dirasakan daerah. "Baru pada periode 2019-2024 saya melihat peningkatan kualitas anggota yang begitu signifikan," tegasnya sambil menyebut adanya keseimbangan yang baik antara politikus senior dan junior.

GKR Hemas juga menambahkan adanya keseimbangan kualitas anggota dari daerah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat. "Berkualitas semua, termasuk yang muda. Bahkan, yang paling muda pun punya pendidikan yang tinggi dan pengalaman profesional “milenial” yang bagus," tuturnya.

Dia menyebut kondisi itu memberi harapan baru bagi DPD RI. "DPD ini kan tujuan utamanya mewakili kepentingan daerah di parlemen. Dengan kualitas anggota yang lebih baik, tentu fungsi-fungsi dapat dijalankan dengan lebih baik pula," terang GKR Hemas.

Melihat profil anggota baru tersebut, GKR Hemas optimistis kualitas lembaganya akan lebih baik dan memberi daerah hasil yang lebih baik pula. "Kita akan melihat aksi-aksi legislasi yang menarik dan bermanfaat ke depannya," tukasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA