Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Bantuan Logistik untuk Longsor Bogor Diangkut Lewat Udara

Selasa 07 Jan 2020 05:28 WIB

Red: Indira Rezkisari

Salah satu rumah yang terdampak longsor di Desa Harkatjaya, Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1).

Salah satu rumah yang terdampak longsor di Desa Harkatjaya, Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Logistik yang diangkut lewat udara untuk longsor Bogor seberat 1,2 ton.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Bantuan logistik seberat 1,2 ton dipasok lewat udara ke wilayah terdampak bencana di Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari keenam pascakejadian. Bantuan lewat udara dikarenakan masih banyaknya akses yang tertutup longsoran.

"Lebih kurang 1,2 ton terdiri dari terpal, selimut, air bersih dan semabako," ujar Komandan Kodim 0621/Kabupaten Bogor yang juga merupakan Komandan Isiden tim tanggap darurat bencana Kabupaten Bogor, Letkol Inf Harry Eko Sutrisno di Bogor, Senin (6/1).

Logistik seberat 1,2 ton itu diangkut dari Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor yang difungsikan sebagai posko utama. Kemudian diterbangkan menggunakan helikopter dari Lapangan Tegar Beriman, Cibinong Kabupaten Bogor ke Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Menurutnya, pendistribusian logistik menggunakan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini akan terus dilakukan sampai semua akses jalan darat menuju lokasi terdampak bencana sudah bisa kembali difungsikan.

Pada hari Rabu (1/1) pukul 06.00 WIB terjadi hujan deras yang membuat Sungai Cidurian di Kabupaten Bogor meluap. Akibatnya beberapa wilayah sekitarnya mengalami banjir dan longsor.

Selain banyak menghantam permukiman warga, bencana longsor itu juga banyak menutup jalan-jalan utama menuju desa-desa di Kecamatan Sukajaya, seperti Desa Pasir Madang, Kiarasari, Kiara Pandak, Urug, Cisarua, dan Desa Cileuksa.

Untuk akses jalan yang tertutup akibat banjir dan longsor, sebagian titik sudah terbuka. Yakni pada Jalan Raya Cigudeg – Kecamatan Sukajaya sepanjang 7 Km sudah, Posko Utama – Sub Pos Harkat Jaya sepanjang 2 Km, dan ruas Jl. Kiarasari – Jl. Pasir Madang sudah berhasil dibuka 4 titik dari 13 titik longsoran.










sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA