Kamis 23 Dec 2010 04:40 WIB

Ekonomi Syariah Akan Berjaya

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Stevy Maradona
Syariah
Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA-— Direktur Laboratorium Pengembangan Ekonomi Syariah (LPES) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Imron Mawardi, mengatakan, ekonomi Islam akhir-akhir ini menunjukkan akselerasi pertumbuhan luar biasa, khususnya di bidang keungan syariah.

Pasalnya, berbagai macam krisis finansial global menyadarkan institusi keuangan untuk menerapkan sistem keuangan lebih baik, adil, transparan, dan aman. “Kebanyakan pengguna jasa maupun nasabah institusi keuangan mendapatkan jawaban alternatif pilihan itu di bank syariah. Karena menawarkan sistem yang adil dan transparan, serta tak  menguntungkan orang tertentu,” ujar Imron dalam seminar nasional bertajuk ‘Peta Jalan Ekonomi Islam yang diselenggarakan Departemen Ekonomi Syariah Unair Surabaya dengan Masyarakat Ekonomi Syariah, di Kampus B Unair Surabaya, Rabu (22/12).

Imron melanjutkan, tren terbaru masyarakat berbondong-bondong untuk mempelajari sistem ekonomi syariah. Sedangkan, pemerintahan di suatu negara mulai menerapkan sistem ekonomi syariah dalam pengelolaan keuangan agar membawa dampak baik bagi masyarakatnya.

Menurutnya, jika pasar keuangan syariah tahun 1970-an hanya berkembang di Timur Tengah, lalu 1980-an ke Asia, kini sudah merambah pasar Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Asia Pasifik. Begitu juga dari sisi institusi, kata Imron, diawali hanya bank syariah, saat ini merambah takaful, Islamic investment companies, asset management companies, dealer Islamic investment bank, sampai e-commerce.

“Keuangan Islam akan terus tumbuh. Ekonomi syariah akan berjaya di masa depan,” tegas dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Unair Surabaya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement