Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

UII Libur Sepekan untuk Antisipasi Letusan Gunung Merapi

Sabtu 06 November 2010 02:57 WIB

Rep: Heri Purwata/ Red: Budi Raharjo

UII

UII

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta meliburkan aktivitas akademik selama sepekan, mulai Jumat (5/11). Libur akan dilanjutkan dengan libur Hari Raya Idul Adha. Kebijakan ini diambil menyusul meningkatnya aktivitas Gunung Merapi yang semakin membahayakan.

Keputusan ini diambil melalui rapat Pimpinan UII yang diadakan Kampus UII Jl Cik Di Tiro, Yogyakarta, Jumat (5/11). Dengan demikian, aktivitas akademik akan berlangsung lagi Kamis (18/11). Dijelaskan Prof H Edy Suandi Hamid, Rektor UII Yogyakarta mengatakan kesepakatan untuk meliburkan kegiatan akademik UII diambil setelah mempertimbangkan beberapa masukan dari berbagai pihak. Selain itu, faktor di lapangan juga termasuk menjadi pertimbangan peliburan aktivitas akademik UII.

Edy Suandi Hamid yang memimpin rapat pimpinan UII mengungkapkan tiga hal yang mendasari keputusan ini, yakni sebagai wujud empati, menghindari dampak psikologis, dan juga untuk menjaga sivitas akademik dari dampak abu vulkanik yang berbahaya bagi kesehatan. “Kita terus berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait dengan aktivitas Gunung Merapi ini, sehingga keputusan meliburkan aktivitas akademik ini yang kita ambil”, katanya.

Masih berkaitan dengan keputusan meliburkan ini, Rektor mengharapkan agar para pimpinan UII baik di tingkat pusat maupun di tingkat fakultas terus berkoordinasi untuk merespon perkembangan Gunung Merapi serta mempersiapkan administrasi ketika kembali aktif nantinya. “Koordinasi harus tetap ada meskipun bersifat mobile. Jadi, libur ini tidak berarti libur secara keseluruhan, melainkan hanya kegiatan belajar mengajar dan aktivitas di kantor saja,” ungkapnya.

Meskipun kegiatan akademik di UII diliburkan, namun kegiatan yang bersifat administratif tetap berjalan sebagaimana biasanya. Hanya saja, kantor administrasi khususnya untuk fakultas-fakultas yang berada di Kampus Terpadu UII, dipindah ke Kampus UII di Jalan Cik Di Tiro. Semua kantor administrasi ini hari ini akan sudah rampung ditata, dan rencananya mulai besok akan mulai beroperasi.

Kegiatan administrasi ini sendiri awalnya lebih dikhususkan untuk penyelesaian administrasi ijazah wisudawan yang belum rampung ditandatangani para dekan. “Dengan begitu, para mahasiswa UII yang sudah diwisuda pada periode terakhir kemarin nantinya dapat mengurus pengambilan ijazah ke kampus UII di Jalan Cik Ditiro ini,”  ungkapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA