Jumat 05 Nov 2010 17:23 WIB

Merapi Kembali Meletus, Satu Anak Tewas, 30 Terluka

Rep: Maryana/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah petugas mengevakuasi korban akibat letusan Gunung Merapi di Kemalang, Klaten, Rabu
Foto: antara
Sejumlah petugas mengevakuasi korban akibat letusan Gunung Merapi di Kemalang, Klaten, Rabu

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN--Letusan Merapi yang kembali terjadi pada Kamis malam (4/11) sekitar pukul 23.30 WIB mengakibatkan satu anak tewas dan 30 terluka.

Direktur Rumah Sakit Sardjito, dr Sigit mengatakan, korban umumnya menderita luka bakar dan terbanyak berasal dari Kecamatan Cangkringan dan bantaran Kali Gendol.

" Tingkat luka bakar bervariasi hingga 70 persen, kondisinya kritis," kata Sigit, Jumat pagi (5/11). "Sebanyak 30 korban luka mendapat perawatan intensif."

Saat ini korban terus berdatangan ke rumah sakit tersebut, kondisi rumah sakit dipenuhi korban yang terluka bahkan sampai dirawat di selasar rumah sakit.

Sigit mengatakan, kemungkinan pasien yang menderita luka bakar di bawah 40 persen akan dirujuk ke rumah sakit lain. Sementara yang menderita luka bakar di atas 40 persen akan dirawat intensif di rumah sakit Sardjito.

Jumlah korban diprediksi akan terus meningkat karena proses evakuasi masih terus berlangsung. Dikabarkan petugas mendapat kesulitan melakukan evakuasi di sekitar wilayah Cangkringan tepatnya di bantaran Kali Gendol yang lokasinya padat penduduk. Sebab di kawasan tersebut masih terasa hawa panas akibat letusan merapi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement