Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Halo Matahari Juga Terlihat di Martapura

Jumat 15 Oct 2010 04:40 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Budi Raharjo

Halo matahari, ilustrasi

Halo matahari, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Setelah pemandangan matahari dikelilingi cincin pelangi atau biasa disebut halo matahari terlihat di langit kota Bogor, Selasa (12/10) pukul 11.30 WIB. Kali ini pemandangan yang sama juga terlihat di langit Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kamis (14/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Fenomena alam ini menjadi perhatian banyak warga Martapura, Ibukota Kabupaten OKU Timur. Warga pun heboh membahas fenomena alam tersebut, bahkan warga yang memiliki ponsel berkamera ramai-ramai mengabadikan pemandangan yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat.

Seorang warga Ruslan, 30 tahun  mengaku baru pertama kali seumur hidupnya dan mengaku merasa aneh melihat matahari dikelilingi cincin. “Ini kan bukan gerhana?” katanya.

Pemandangan tersebut juga menarik beberapa perhatian pegawai,  pejabat, anggota DPRD dan Bupati OKU Timur Herman Deru yang saat itu tengah mengadakan sidang paripurna pengesahan APBD perubahan tahun 2010 di gedung DPRD setempat.

Bupati Timur Herman Deru usai rapat paripurna melihat ke luar dan langsung menatap Ke arah matahari melihat fenomena alam yang  terjadi.  “Tadi saya diberitahu, katanya ada  matahari bercincin, ternyata memang benar,” ujarnya.

Selain merasa aneh dan kagum dengan fenomena alam tersebut, pemandangan matahari bercincin tersebut juga menjadi bahan gunjingan masyarakat. Ada warga yang mengatakan, itu sebagai pertanda buruk. Tetapi ada warga yang lain mengatakan fenomena halo matahari tersebut sebagai pertanda baik.

Namun ada juga warga yang menanggapinya dengan rasional bahwa fenomena alam yang terjadi tersebut bagian dari kondisi cuaca yang sedang ekstrem saat ini. Juga ada warga yang mengatakan, “Ini merupakan kehendak Allah SWT penguasa alam semesta, jadi tidak perlu dibesar-besarkan menjadi isu yang macam-macam,” katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA