Rabu 07 Jul 2010 03:42 WIB

Ikang Fauwzi Kalah dalam Pilkada Lampung Selatan

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Siwi Tri Puji B
Ikang Fazwi
Foto: >
Ikang Fazwi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG--Artis Ikang Fauwzi yang berpasangan dengan Zainudin Hasan -- adik Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan -- kalah dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Lampung Selatan, 30 Juni lalu. Hasil rapat pleno KPUD setempat pasangan ini hanya menempati peringkat tiga dari enam kandidat.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Lampung Selatan Nomor 270/323/08.01/KPU-LS/07/2010, Ikang Fauwzi yang mencalonkan diri sebagai wakil bupati, dan Zainudin (calon bupati) hanya mendapatkan suara 118.098 suara (25,48 persen). Sementara DPT kabupaten ini sebanyak 664 ribu pemilih.

Ketua KPUD Kabupaten Lampung Selatan, Abdul Hafidz, menyatakan hasil rekapitulasi hasil pemungutan suara pada pilkada 30 Juni lalu dari tujuh pasang calon, pasangan Rycko Menoza-Eki Setyanto, menempati urutan pertama, disusul peringkat kedua Wendy Melfa-Antoni Imam. "Sedangkan, pasangan Zainudin-Ikang Fawzi menempati urutan ketiga," katanya kemarin.

Keterangan yang diperoleh dari KPUD setempat, peroleh Zainudin-Ikang Fauwzi hanya unggul di tiga dari 17 kecamatan. Tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Rajabasa, Kalianda, dan Penengahan. Pada masa pencalonan, suami artis Marisa Haq ini, tidak menjadi pesaing ketat pada Pilkada kabupaten ujung Selatan Pulau Sumatra ini.

Pasangan cabup dan wabup yang menjadi kompetitornya adalah pasangan incumbent Wendy Melfa-Antoni Imam dan Rycko Menoza (anak Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP)-Eki Setyanto. Wendy-Antoni (diusung Partai Golkar) memperoleh 27,28 persen (126.427 suara), sedangkan Rycko-Eki (diusung PDIP dan Partai Demokrat) meraih 35,85 persen (166.089 suara).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement