Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wikipedia Indonesia, Situs Web Ensiklopedi Terbesar

Jumat 21 May 2010 00:33 WIB

Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wikipedia Indonesia merupakan situs web ensiklopedi terbesar berbahasa Indonesia yang seluruh artikelnya diisi dan dijaga oleh sukarelawan. Wikipedia masuk peringkat ke-16 dunia dilihat dari lalu lintas yang mengaksesnya.

"Karena web ensiklopedi terbesar berbahasa Indonesia, maka kami mengadakan kompetisi menulis Wikipedia bahasa Indonesia berjudul 'Bebaskan Pengetahuan 2010' yang berlangsung selama 50 hari dan berhasil mendapatkan lima peringkat teratas penulis dari kalangan akademis pertama", ujar Direktur Proyek Bebaskan Pengetahuan 2010, Siska Doviana, di Jakarta, Kamis (20/5).

Menurut Siska, peringkat pertama sampai ke lima itu adalah Kartika Sari Henry dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Hans Abdiel dari Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, Dordia Anindita Rotinsulu dari Insititut Pertanian Bogor, Lukianto Cahyadi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dan Ivonne Kristiani dari Bina Nusantara.

"Kompetisi menulis Wikipedia bahasa Indonesia, dilakukan untuk menjaring sukarelawan muda berbakat dari kalangan akademis untuk ikut membebaskan pengetahuannya dan memperkaya artikel-artikel pengetahuan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar," kata Siska.

Siska menambahkan, Wikipedia bahasa Indonesia memiliki lebih dari 124 ribu artikel pada bulan Mei 2010.

Sementara itu, Duta Bebaskan Pengetahuan 2010, Christian Sugiono, mengatakan, pada hari ke-45 kompetisi, lebih dari 150 artikel di Wikipedia bahasa Indonesia dibuat atau diperbaiki, lalu pada hari ke-50 kompetisi kemampuan dan kecepatan peserta meningkat sehingga mampu menghasilkan lebih dari 350 artikel. "Dengan jeda lima hari kompetisi jumlah artikel berkualitas berlipat ganda kuantitasnya", kata Christian.

Menurut Christian, peserta kompetisi menggunakan teknik penulisan ensiklopedia dan menggunakan standar penulisan kompetisi yang tinggi.

Dirjen Aplikasi Telematika Ashwin Sasongko, mengatakan, upaya kompetisi ini merupakan langkah nyata mewujudkan internet sehat untuk masyarakat Indonesia. "Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik hal-hal yang berhubungan dengan konten positif seperti kompetisi ini", kata Ashwin.

Menurut Ashwin, kompetisi menulis Wikipedia bahasa Indonesia ini membutuhkan pemikiran yang luas dan intelektual yang tinggi. "Saya berharap agar masyarakat mendukung acara-acara yang mengandung konten positif, bahkan kalau bisa masyarakat juga membantu membuat penyelenggaraan konten positif tersebut," jelas Ashwin.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA