Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

PTKA Hapus Perjalanan KA Parahyangan

Jumat 16 Apr 2010 22:45 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Kereta Parahyangan

Kereta Parahyangan

Foto: INFOKA.KERETA-API

BANDUNG--PT Kereta Api (PTKA) Indonesia akan menghapus seluruh jadwal perjalanan KA Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta mulai 27 April 2010. Sebagai gantinya, PT KA hanya akan mengoperasikan KA Argo Gede.

Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang, Husein Nurroni di Bandung, Jumat, mengatakan, keputusan penghapusan semua jadwal perjalanan KA Parahyangan itu dilakukan setelah melakukan kajian cukup lama dan telah dicoba dengan diskon tarif, namun hasilnya okupansi penumpang masih rendah yakni di bawah 50 persen.

Rendahnya okupansi KA Parahyangan itu berlaku baik untuk pemberangkatan Bandung maupun Jakarta. KA itu hanya penuh pada week end saja.

Dalam koridor jarak pendek Bandung - Jakarta memang waktu tempuh KA lebih lama daripada jalan tol Cipularang, meskipun pada jam-jam sibuk tentu waktu tempuh KA masih unggul.

"Untuk perubahan jadwal itu, PTKA akan melakukan rescheduling untuk KA Argo Gede, bila perlu dengan diskon tarif pada jam-jam tertentu. Argo Gede akan melayani penumpang di Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Bekasi dan Jatinegara," katanya.

Ia menyebutkan ke depan, setelah melakukan rescheduling akan dilakukan penambahan rangkaian kereta bisnis pada jam-jam tertentu untuk mengakomodir penumpang kelas bisnis di KA Parahyangan.

Sementara itu rangkaian KA Parahyangan itu akan dipakai untuk melakukan ekpansi dengan mengoperasikan KA Malabar jurusan Bandung - Malang PP mulai 30 April 2010 untuk memenuhi kebutuhan konsumen di jalur itu.

"Jalur Bandung - Malang cukup unik karena satu rangkaian terdiri dari kelas lengkap yakni KA eksekutif, bisnis. ekonomi plus dan kereta barang," kata Nurroni

KA Malabar rencananya yang terdiri dari dua kelas eksekutif, tiga bisnis, dua ekonomi plus dan satu KA barang akan diberangkatkan dari Stasiun Bandung pukul 15.30 WIB dan tiba di Stasiun Malang pukul 08.11 WIB.

Sedangkan KA Malabar pemberangkatan dari Stasiun Malang pukul 13.30 WIB dan akan tiba di Stasiun Bandung pukul 08.37 WIB.

KA tersebut melayani penumpang di Stasiun Kiaracondong, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar, Gombong, Kebumen, Kuroarjo, Wates, Yogyakarta, Klaten, Solobalapan, Palur, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Kepanjen dan Malang.

Perjalanan Bandung - Malang itu akan dilakukan melalui jalur selatan dengan perjalanan malam hari.

Saat ini jalur timur Bandung - Surabaya dilayani KA Turangga, KA Argo Wilis dan KA Mutiara Selatan dan KA Pasundan.

Sementara itu Kepala Daop II Bandung, Slamet Suseni menyebutkan, KA ekonomi plus Malabar di atas kelas ekonomi KA ekonomi biasanya yakni bertarif di bawah kelas bisnis namun di atas tiket kelas ekonomi.

"Selama masa promosi mulai 30 April - 15 Juni diberikan tarif diskon yakni Rp200 ribu, bisnis Rp130 ribu dan ekonomi Rp80 ribu," kata Slamet Suseno menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA